POPULAR STORIES

YLKI Dukung Penghapusan Premium, Ini Alasannya

YLKI Dukung Penghapusan Premium, Ini Alasannya Premum akan dihapus, diganti dengan Pertamax

KabarOto.com - Pemerintah akan mengganti bahan bakar Premium dan pertalite. Hal itu ditujukan untuk mengurangi emisi gas buang kendaraan yang dihasilkan pada dua bahan bakar tersebut, khususnya kota besar seperti Jakarta.

Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) mengatakan, kendaraan di DKI Jakarta seharusnya sudah tidak menggunakan BBM jenis premium, "Kalau sekarang ada wacana hapus premium, Jakarta memang harusnya sudah tidak pakai premium," terang Tulus Abadi, Ketua YLKI, dalam sebuah diskusi, belum lama ini di Jakarta.

Baca juga: Harga Pertalite Turun, Sama Dengan Premium

Antrian kendaraan mengisi pertalite

Dia menyarankan, pengendara sepeda motor sudah seharusnya menggunakan pertamax atau bahkan pertamax turbo dengan emisi lebih rendah. Dia menambahkan, tingkat polusi udara dapat diperparah dengan penggunaan BBM murah seperti premium. Karenakadar gas buangnya menurut Tulus lebih tinggi.

Untuk mengurangi polusi udara, solusi yang relevan adalah beralih dari menggunakan transportasi pribadi ke angkutan publik atau angkutan massal. YLKI pun mendorong, penyedia jasa transportasi di Jakarta, seperti TransJakarta melakukan inovasi layanan kepada konsumen, untuk pra perjalanan, selama perjalanan sampai setelah perjalanan.

"Apalagi sekarang semua didorong integrasi tarif, moda, MRT, LRT jadi positif untuk menata transportasi dan konsumen harus dimanjakan berbagai pelayanan," tambahnya lagi.

Baca juga: Pertalite Dijual Seharga Premium, Cara Pertamina Hapus Ron 88?

Direktur Pembinaan Usaha Hilir Minyak dan Gas Bumi Kementerian ESDM Soerjaningsih menyatakan, Indonesia akan memasuki masa transisi.

"Kita memasuki masa transisi, premium RON 88 akan digantikan dengan pertalite RON 90, sebelum akhirnya kita akan menggunakan bahan bakar yang ramah lingkungan," tutup Soerjaningsih, belum lama ini.