POPULAR STORIES

Yuk, Simak Sejarah Eksistensi Suzuki Carry Di Indonesia

Yuk, Simak Sejarah Eksistensi Suzuki Carry di Indonesia (Foto: Kipli/ KO)

KabarOto.com - Diluncurkannya Suzuki New Carry Pikap pada gelaran IIMS 2019 silam, sekaligus sebagai penanda kehadiran model Carry di Tanah Air selama 43 tahun.

Berawal dari pikap pertamanya yang hadir yaitu Carry ST-10 pada 1976. Suzuki Carry ST-10 pada 1976 juga menjadi kendaraan roda empat pertama yang mereka produksi di Indonesia. Dimensi Carry ST-10 ini ditunjang dengan mesin 2-langkah 3 silinder yang berpendingin cairan.

ST20 atau disebut dengan nama Suzuki Trungtung

Baca Juga: Profil Suzuki Carry ST20 ‘Truntung’ Di Telkomsel IIMS 2019

Satu tahun kemudian Suzuki memperkenalkan pikap generasi keduanya. Yakni Carry ST-20 atau akrab disapa Suzuki Truntung karena bunyi khasnya yang keluar dari knalpotnya. Suzuki Truntung memiliki bodi yang lebih besar dibanding Carry ST-10, dengan memiliki panjang 160 mm dan lebar 100 mm untuk dek kargonya.

Dengan model ini, pihaknya berhasil menjadi bagian dari masyarakat Tanah Air hingga 7 tahun lamanya dan dipensiunkan pada 1983. Seiring dengan Suzuki kehadiran generasi pikap yang ketiganya yakni Suzuki Carry ST-100 alias Suzuki Carry 1.000, dengan melakukan ubahan total.

Suzuki Carry Futura

Dimensi Suzuki Carry ST-100 jauh lebih besar dan menggunakan mesin legendaris F10A 4-silinder 970 cc. Yang hasilnya, Carry ST-100 ini bisa dibilang jadi mobil Suzuki paling laris di Indonesia. Kemudian memasuki era 90-an, tepatnya tahun 1991 Suzuki memperkenalkan generasi keempat Carry dengan model SL415.

Generasi keempat tersebut dinamakan Carry Futura yang menjadi model dengan umur paling panjang bahkan hingga 30 tahun lamanya. Terdapat sebanyak 3 ubahan minor diberikan untuk Carry futura ini di tahun 2005, 2010, dan 2017, seperti perbaikan pada sektor mesin dan gaya kendaraanya.

Suzuki Mega Carry APV

Tahun 2011, Suzuki coba menambah line up Carry terbaru dengan meluncurkan model DN41T yang akrab disebut Mega Carry APV. Model ini diluncurkan sebagai versi kendaraan niaga ringan, yang berasal dan dikembangkan dari minibus andalan mereka yakni Suzuki APV. Namun akhirnya Suzuki Mega Carry pikap pun disuntik mati oleh Suzuki.

New Carry pikap diluncurkan oleh PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) sebagai pengganti generasi sebelumnya setelah 8 tahun lamanya. Setelah ubahan yang dilakukan pada Suzuki Carry pikap dilakukan pada tahun 2011 silam untuk yang terkahir kalinya, yaitu dengan menghadirkan model DN41T atau akrab disebut Mega Carry APV.

Baca Juga: Servis Dan Pajak, Ini Rincian Biaya Kepemilikan Suzuki Grand Vitara Hybrid

Generasi terbaru Suzuki Carry

Seiring dengan diluncurkannya model terbarunya DN61T atau New Carry pikap di ajang gelaran IIMS 2019 kemarin. Model DN61T ini diklaim Suzuki membawa warisan dari Carry pikap sebelumnya ke tingkat yang lebih tinggi. Yaitu dengan menggabungkan kapasitas angkut yang besar, kabin yang luas, serta penggunaan mesin yang lebih bertenaga.