POPULAR STORIES

4 Alasan Ban Motor Cepat Botak

4 Alasan Ban Motor Cepat Botak

Ban sepeda motor umumnya dapat bertahan selama 1,5 hingga 2 tahun. Namun, ada beberapa hal yang bisa membuat ban motor cepat mengalami kebotakan.

Faktor pertama yang membuat ban motor cepat botak adalah sering menggunakan standar samping. Memarkir dengan menggunakan standar samping memang lebih mudah. Namun, hal itu membuat beban motor terpusat pada satu sisi saja.

Akibatnya, shockbreaker juga menjadi condong ke kiri dan menekan ban sebelah kiri. Hal ini membuat bagian kiri ban semakin cepat aus.

Faktor kedua adalah tekanan angin yang kurang. Tekanan angin ban untuk setiap motor bisa berbeda tergantung dari pabrik masing-masing. Jika tekanan yang ada tidak sesuai rekomendasi, maka ban motor akan semakin menapak ke aspal. Hal inilah yang membuat permukaan ban motor menjadi semakin cepat aus.

Ketiga, sepeda motor banyak mengangkut beban berat. Dengan semakin bertambahnya beban, maka permukaan ban akan semakin tertekan pada aspal dan membuatnya melebar. Tentunya jika berlangsung terus, ban akan semakin cepat gundul. Karena itu sebaiknya perhatikan bobot maksimum yang dapat diangkut motor Anda.

Keempat, berkendara dengan kecepatan tinggi. Saat mengendarai motor dengan kecepatan tinggi, Anda juga akan lebih mungkin mengerem secara mendadak dan dengan lebih sering. Mengerem dapat menambah beban pada ban, apalagi jika dilakukan secara mendadak. Karena itu, kebiasaan ini dapat membuat ban lebih cepat gundul.

Berita Terkait

Berita Terkait