POPULAR STORIES

Aceh Tuan Rumah Yamaha Cup Race 2015 Seri II

Aceh Tuan Rumah Yamaha Cup Race 2015 Seri II Suasana balap (Foto: Yamaha Indonesia)

KabarOto event- Yamaha Cup Race (YCR) untuk pertama kalinya menginjak Bumi Rencong Banda Aceh tepatnya di sirkuit nonpermanen Stadion Harapan Bangsa, 22 – 24 Mei 2015, Balapan yang sudah memasuki seri kedua, yang sebelumnya diselenggarakan di Purwokerto, kembali menyuguhkan tontonan balapan, entertainment dan pameran produk Yamaha.

Gelaran YCR seri II makin berwarna karena sebelumnya tidak pernah sampai di sana. ”Tahun ini kami memilih Aceh dalam kalender YCR karena masyarakat di sini pun sangat menyukai balapan. Setelah mengetahui serunya OMR Yamaha ini yang dilaksanakan di daerah-daerah lain, mereka pun ingin melihat langsung kemeriahannya di area mereka sendiri. Apalagi motor Yamaha di Aceh pun termasuk favorit, termasuk motor segmen sport yang sekarang makin jadi tren,” papar M.Abidin, GM After Sales & Motorsport PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing.

Dalam seri kedua ini Yamaha menerapkan konsep baru di sepanjang sejarah gelaran YCR. Free practice rider dilakukan dua hari di Jumat dan Sabtu. Sebelumnya, sesi latihan hanya digelar satu kali di hari Sabtu sekaligus kualifikasi.

”Hal ini tujuannya berkaitan dengan safety rider. Karena dengan pengenalan sirkuit lebih lama waktunya, mereka akan balapan dengan lebih safety. Dengan begitu juga, persaingan akan semakin ketat, tinggal bagaimana pebalap mengeluarkan skill terbaiknya menaklukan sirkuit,” terang Supriyanto, Manager Motorsport PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing. (als)

layout sirkuit

Sirkuit nonpermanen di seri ini berkarakter high speed, dibuat berlawanan arah jarum jam dengan panjang 1.100 meter dan lebar 8 – 10 meter. Jadi tempat pertarungan pebalap-pebalap unggulan Region 1 (Sumatera) dan pebalap lokal di 8 kelas :

1. YCR 1, Moped 125 cc Tune Up Seeded + Open Class Injeksi

2. YCR 2, Moped 110 cc Tune Up Seeded + Open Class Injeksi

3. YCR 3, Moped 125 cc Tune Up Pemula + Open Class Injeksi

4. YCR 4, Moped 110 cc Tune Up Pemula + Open Class Injeksi

5. YCR 5, Moped 125 cc Pemula B (Usia dibawah 16 tahun)

6. YCR 6, OMR Jupiter Z1 Pemula B, Non Pabrikan - Lokal (Unit motor disediakan Yamaha)

7. YCR 7, Moped 125 cc Tune Up Open

8. YCR 8, Moped 110 cc Tune Up Open

Baca juga:

Yamaha MT09, YZF-R6, YZF-R25, Sukses Antarkan Tujuh Srikandi Women on Wheels