POPULAR STORIES

Apa Itu Catalytic Converter Knalpot?

Apa Itu Catalytic Converter Knalpot?

Tak banyak pemilik kendaraan yang mengetahui tentang Catalytic Converter yang ada di knalpot. Padahal, alat ini sudah diwajibkan untuk dipasang pada setiap mobil sejak 2007 lalu.

Alasan utamanya adalah demi mengejar standar Euro2 yang mulai diberlakukan sejak saat itu. Lantas, apa itu Catalytic Converter?

CC berupa katalisator yang dipasang di ruang setelah saluran buang. Fungsinya menyaring hidrokarbon (bensin yang belum atau tidak terbakar) dan polutan lain yang dihasilkan oleh mesin.

Hanya sebagian kecil orang yang tahu, katalisator ini harganya mahal. Pasalnya, ia dibuat dari bahan platinum (platina) dan paladium. Karena itu pula, bisnis pengumpulannya (daur ulang) berkembang, termasuk di Tanah Air.

Dalam riset-riset yang telah dilakukan bertahun-tahun yang lalu, ditemukan bahwa untuk mengurangi racun, maka perlu diusahakan adanya reaksi antara gas CO dan gas NO, serta reaksi antara gas NO2 dengan hidrokarbon.

Masalahnya, reaksi tersebut hanya dapat terjadi pada suhu yang sangat tinggi. Sementara di satu sisi dalam suhu yang tinggi itu mesin kendaraan tidak bekerja efektif. Karena itu, penelitian menyebut bahwa perlu adanya katalis yang dapat mempercepat reaksi yang dimaksud pada suhu yang rendah. Katalis itulah yang disebut dengan catalytic converter.

catalytic converter berbentuk seperti sisir atau sarang lebah dengan lubang yang sangat kecil yang terbuat dari campuran logam platina dan rhodium. Saat gas buang menyentuh catalytic converter, maka terjadilah reaksi kimia berupa penghilangan beberapa zat berbahaya yang telah disebutkan tadi.

Berita Terkait

Berita Terkait