POPULAR STORIES

Cara Ampuh Agar Motor Tak Dicuri Saat Ditinggal Mudik

Cara Ampuh Agar Motor Tak Dicuri Saat Ditinggal Mudik

Kabaroto.com - Banyaknya orang yang melakukan mudik Lebaran dikhawatirkan meningkatkan tingkat pencurian kendaraan bermotor. Ada cara ampuh agar motor Anda tetap aman di rumah saat ditinggal mudik.

Ya, sepeda motor memang amat gampang untuk dicuri. Para pencuri biasanya hanya membutuhkan waktu dua sampa lima menit untuk mencuri motor. Alat yang diperlukan untik mencuri pun cukup mudah, yakni kunci T.

Untuk mencegah hal itu terjadi, para pemilik kendaraan sepeda motor sebaiknya memasang kunci pengamanan ganda. Cara kerjanya ketika motor dijebol pakai kunci T, mesin tidak akan hidup.

Jika selama delapan detik sensornya tidak tersentuh, alarm motor akan berbunyi. Sensor starter motor memang biasanya diletakkan secara rahasia dan hanya pemilik motor yang mengetahuinya.

Jadi setiap ingin menghidupkan motor, sensor tersebut harus disentuh dengan tangan agar mesin bisa nyala. Modul pengamanannya bisa diletakkan di mana saja, dengan kabel satu akan tersambung ke kunci kontak, kabel dua disambung ke pemutus kontak atau bisa juga ke CDI, dan kabel tiga untuk pemicu klakson, dan kabel terakhir untuk sensor menghidupkan mesin.

Harga pemasangan kunci starter ganda terbilang cukup murah, yakni Rp 200 ribu. Itu sudah termasuk ongkos pemasangan. Untuk waktu pemasangannya adalah sekitar dua sampai tiga jam.

Berita Terkait

Berita Terkait