POPULAR STORIES

Kapan Kita Harus Mengganti Oli Mobil?

Kapan Kita Harus Mengganti Oli Mobil?

Oli atau pelumas menjadi hal signifikan pada kendaraan terutama mobil. Lantas kapan sebaiknya kita mengganti oli mobil?

Ini pertanyaan yang sering diajukan oleh orang-orang yang baru saja memiliki mobil. Jika Anda bertanya kepada teman, Anda pasti akan mendapatkan jawaban klasik seperti, "Tergantung pemakaian."

Sebenarnya oli mesin bisa bertahan cukup lama yakni sampai 10 ribu km atau lebih. Dengan catatan, pemakaian di jalan yang tidak macet dan bukan track berat.

Jika kendaraan banyak dipakai diperkotaan yang macet atau jalanan offroad yang lumayan berat maka patokan 10 ribu km tersebut menjadi berubah (jadi berkurang).

Untuk rata-rata mobil bensin yang sering beredar di Kota Jakarta adalah 3000 sampai 6000 kilometer. Hal itu dipicu dengan kondisi jalanan Kota Jakarta yang stop & go (macet). Sedangkan, mesin mobil diesel 5.000 km s/d 7.500 km.

Lantas bagaimana cara mengganti oli yang aman jika ingin melakukannya sendiri di rumah? Pertama, Anda harus memerhatikan tata cara dan mutu pelumas.

Saat mengganti oli maka pastikan sisa oli lama sudah keluar lebih dari 99%, karter bebas dari kandungan air dan sisa-sisa kotoran. Itulah tips mengganti oli mobil dari kami, semoga bermanfaat.

Berita Terkait

Berita Terkait