POPULAR STORIES

Komunitas Motor HRC Ajak 234 SC Sumbang Buku Untuk Kolong Cikini

Komunitas Motor HRC Ajak 234 SC Sumbang Buku untuk Kolong Cikini Yang penting kami menyebarkan semangat berbagi kepada adik-adik kecil ini. (Foto: Eki Razaki)

Punya hobi otomotif, ternyata tak lantas membuat para biker lupa membaca buku. Atau paling tidak, mengajak orang lain membaca. Inilah yang dilakukan oleh para biker komunitas motor Happy Riding Club (HRC) di Jakarta di akhir Juli 2016 lalu. HRC mengajak Forum Kemitraan Polisi dan Masyarakat (FKPM) Motor Besar Indonesia (MBI) dan 234 SC (Solidarity Club) untuk bersama-sama membagikan buku bagi anak-anak Sekolah Kolong Cikini dalam kegiatan yang diberi judul “Gerakan 489 Buku”. Bagaimanakah kegiatan komunitas motor ini? Yuk tengok. 

Kegiatan ini termasuk unik, HRC bekerjasama dengan para relawan Sekolah Kolong Cikini yang dalam kegiatan ini di Komandoi Icut, membagikan buku untuk sekolah yang didirikan bagi para anak jalanan atau anak dari keluarga kurang mampu. “489 itu berkaitan dengan usia Jakarta tahun ini,” jelas Icut, mahasiswi London School dan relawan untuk pendidikan anak jalanan, salah satunya di Sekolah Kolong Cikini.

Buku yang dibagikan terdiri dari buku pelajaran, buku cerita, buku pengetahuan umum dan buku tulis.

“Buku itu menjadi jendela dunia, masih merupakan alat yang penting untuk membina anak-anak,” tutur TB Salman, Sekretaris Jenderal HRC.

Hal senada dikatakan Anto, Ketua HRC, kalau orang dewasa mungkin membaca dari gadget ya, buat anak-anak ini masih harus bentuk print, dan jumlah yang diperlukan masih sangat kurang.

Walau tak mau menyebutkan jumlahnya, namun disinyalir puluhan juta rupiah dikeluarkan oleh HRC serta para partisipan lain. Anggota 234 SC Cabang Jakarta yang turut berpartisipasi dalam kegiatan itu, kebanyakan berasal dari anak muda.

Begitujuga dengan komentar Armin, Humas 234 SC Cabang Jakarta mengatakan, bahwa para anggota 234 SC sangat bersemangat ketika akan diadakan bagi buku. Menurut pria berusia awal 20 tahun ini, visi sosial memang sesuai dengan 234 SC. Komunitas ini pun sering melakukan kegiatan bakti sosial spontan.

“Kami sama sekali bukan komunitas mobil atau motor melainkan lebih ke komunitas yang terkait dengan kegiatan sosial,” tegas Armin.

234 SC justru sangat fokus dalam mendidik anak muda untuk dapat berorganisasi melalui berbagai kegiatan, termasuk di dalamnya kegiatan bakti sosial.
Selain kegiatan berbagi buku, hari itu juga diberikan pelayanan pemeriksaan kesehatan secara gratis bagi para anak yatim dan warga sekitar yang kurang mampu, bertempat di Raden Inten Kuliner, Jalan Raden Inten, Jakarta Timur. Seorang dokter cantik tampak sabar mendengarkan dan memeriksa keluhan para anak kecil dan warga yang berobat.

Anto mengungkapkan, ia dan rekan-rekannya letih dicap sebagai pemotor yang arogan dan lain-lain.

“Yang penting kami menyebarkan semangat berbagi kepada adik-adik kecil ini. Saat generasi mereka yang muncul menjadi para pemimpin, para CEO, dan lain-lain, mereka juga sudah memiliki semangat berbagi,” harap Anto, sambil bersama-sama bernyanyi dengan para anak yatim yang hari itu tampak begitu ceria.

Baca Juga: