POPULAR STORIES

Mesin Motor Cepat Panas Dan Kurang Bertenaga Usai Ganti Oli, Ini Penyebabnya

Mesin Motor Cepat Panas dan Kurang Bertenaga Usai Ganti Oli, Ini Penyebabnya

Kita terkadang mengalami motor yang mendadak kurang bertenaga atau mesin yang cepat panas setelah ganti oli. Lantas, apa itu pengaruh oli atau ada masalah lainnya?

Ada beberapa penyebab mengapa mesin motor cepat panas. Boleh jadi, volume dan kualitas oli yang tidak sesuai dengan spesifikasi mesin motor.

Kedua, Setelan valve clearance (klep) terlalu rapat dan Penyetelan air screw tidak tepat (type Cub dan Karburator). Terakhir, Sistem pendinginan yang tidak bekerja maksimal (kipas, air radiator, water pump, termostat, radiator)

Volume oli yang berlebih juga berdampak pada kerja mesin menjadi berat dan plat kopling akan terendam/slip, seal pada mesin akan mengalami kebocoran.

Demikian pula bila mesin kekurangan oli dapat berakibat mesin menjadi cepat panas dan dalam jangka panjang mesin menjadi macet.

Sementara itu, jika motor kurang bertenaga boleh jadi penyebabnya adalah gear set yang sudah aus, kebocoran kompresi di ruang bahan bakar, penyetelan air screw yang tidak tepat, dan sistem pengapian yang tidak maksimal.

Berita Terkait

Berita Terkait