POPULAR STORIES

338 Marshal Berasal Dari Lombok Siap Bertugas Di Pramusim MotoGP

 338 Marshal Berasal dari Lombok Siap Bertugas di Pramusim MotoGP Sirkuit Mandalika, Lombok NTB (Foto: Istimewa)

KabarOto.com - Mandalika International Circuit, Lombok, Nusa Tenggara Barat akan mengelar tes pramusim MotoGP pada 11-13 Februari 2022 mendatang. Sebanyak 338 marshal siap menjalankan tugas di event tersebut.

Marshal untuk official test tersebut, saat ini sedang mengikuti pelatihan intensif, yang disiapkan oleh PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero)/Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), BUMN Pengelola Kawasan Ekonomi Khusus (KEK Mandalika)/The Mandalika melalui Mandalika Grand Prix Association (MGPA), selaku bagian dari ITDC Group dan Ikatan Motor Indonesia (IMI) pusat maupun NTB.

Baca juga: 24 Pembalap MotoGP Dipastikan Ikuti Tes Pramusim Di Mandalika

IMI bertugas sebagai instruktur pelatihan. Dari jumlah tersebut, ada 198 orang marshal WSBK 2021 sudah melakukan pendaftaran ulang pada 28-30 Januari 2022 lalu. Selanjutnya 69 orang sebagai marshal baru yang direkrut belumlama ini. Selanjutnya, 51 anggota Brimob, dan 20 orang dari Badan SAR Nasional (Basarnas) juga mengambil bagian menjadi marshal ini.

Marshal di Sirkuit Mandalika (Foto: Istimewa)

Marshal tersebut, direkrut dari masyarakat Lombok, khususnya di sekitar sirkuit. Proses perekrutan warga lokal ini melibatkan komunitas otomotif NTB dan Karang Taruna Kecamatan Pujut, Lombok Tengah.

Anggota Brimob dan Basarnas direkrut untuk menjalankan tugas sebagai radioman. Terkait pelatihan untuk marshal, pada 5 Februari 2022 telah dilakukan pelatihan dalam kelas, beberapa waktu lalu.

Kemudian dilanjut dengan praktik di lapangan dan pembagian pos pada 6 Februari 2022 lalu. Pada 10 Februari 2022, akan dilakukan simulasi balap MotoGP. Khusus untuk marshal baru dari Brimob dan karang taruna mendapat porsi pelatihan tambahan pada 7 Februari lalu.

Direktur Utama MGPA Priandhi Satria menjelaskan, marshal berkualitas merupakan hal yang krusial, dalam menyelenggarakan sebuah event balap. IMI pusat maupun NTB secara bersama-sama juga telah memberikan pelatihan guna meningkatkan kemampuan marshal yang direkrut.

Baca juga: Korlantas Polri Berikan Pengawalan Di Mandalika Saat MotoGP Berlangsung

“Marshal-marshal lokal yang kami rekrut dan kami latih ini sifatnya adalah volunteer. Kami ingin menumbuhkan jiwa memiliki dan bangga pada wilayah mereka sendiri," terangnya dalam keterangan resmi.

Semua marshal yang dipersiapkan, bukan hanya untuk tes pramusim MotoGP, namun juga untuk MotoGp yangberlangsung Maret mendatang. ITDC Group pun saat ini akan membuka perekrutan marshal baru.

“Kami telah menambah perekrutan marshal baru sebanyak 100 orang untuk bersiap pada penyelenggaraan race pada Maret mendatang," terangnya. Total akan ada 400 marshal yang akan bertugas pada MotoGP 2022.