4 Langkah Yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli Mobil Bagi Pemula

4 Langkah yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli Mobil Bagi Pemula

KabarOto.com - Untuk menunjang aktivitas sehari-hari, tentunya setiap manusia membutuhkan kendaraan. Belakangan, kebutuhan akan sebuah mobil pun kini semakin meningkat sebagai kebutuhan fungsional.

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), penjualan mobil tahun 2017 menembus angka 1,07 unit. Angka tersebut naik tipis dibanding tahun 2016 yang mencapai 1,06 juta.

Data tersebut menunjukkan bahwa minat masyarakat akan kepemilikan mobil tentunya semakin meningkat. Pun begitu, kita diwajibkan untuk selalu mengingat bahwa membeli mobil bukan hanya sekadar cukup memiliki uang, namun banyak hal pun perlu diperhatikan sebelum membeli mobil, agar tidak menyesal di kemudian hari.

Baca juga: 5 Hal Yang Harus Diperhatikan Soal Keuangan Sebelum Kredit Mobil

Berikut ini redaksi KabarOto mencoba untuk memberikan sedikit gambaran mengenai panduan membeli mobil bagi Anda, terutama para pembeli mobil pemula:

1. Pilih mobil sesuai kebutuhan dan anggaran

Langkah pertama, sebelum memutuskan untuk membeli mobil, pastikan jenis mobil yang akan dibeli sesuai dengan kebutuhan.

Jika mobil akan digunakan sebagai sarana transportasi keluarga, maka pilih mobil berjenis Multi Purpose Vehicle (MPV) yang dapat menampung banyak orang.

Jika ingin digunakan untuk menunjang keseharian, maka cari city car. Jangan lupa juga sesuaikan dengan anggaran yang dimiliki.

2. Pilih mobil berdasarkan keunggulan

Langkah kedua, alangkah baiknya Anda tidak mudah tergiur dengan iklan mobil murah. Pertimbangkan berbagai keunggulan yang ditawarkan, mulai dari keandalan mesin, ramah lingkungan, fitur penunjang kenyamanan dan keamanan, kemudahan mendapatkan suku cadang dan ketersediaan bengkel resmi.

"Pilih mobil itu harus sesuai dengan kebutuhan, dan juga kemampuan. Kalau ingin membeli mobil, harus perhatikan juga mengenai mesin, fitur pendukung, dan juga ketersediaan suku cadang, dan aftersales untuk memudahkan pemilik kendaraan di kemudian hari. Karena investasi kendaraan itu bersifat jangka panjang," ujar Gerry Ramon, Owner dealer mobil bekas Blessindo di Bekasi, Jawa Barat, Kamis (16/8/2018).

Tips Beli Mobil

3. Pilih cara pembayaran sesuai kemampuan

Langkah ketiga, sebaiknya memilih cara pembayaran yang sesuai dengan kemampuan. Anda dapat memilih untuk membayar secara tunai jika memiliki cukup dana, tetapi apabila masih ada kebutuhan-kebutuhan lain yang harus segera dilunasi, maka Anda dapat memilih pembayaran secara kredit.

4. Perusahaan pembiayaan terpercaya

Langkah keempat, Anda harus cermat memilih untuk membayar secara kredit, pastikan perusahaan pembiayaan yang Anda pilih memberikan harga rasional dan suku bunga kompetitif.

Lalu pastikan juga memiliki proses yang mudah, dan yang terpenting bekerjasama dengan perusahaan asuransi kendaraan yang kredibel.

Demikian beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum memastikan membeli mobil baru. Selain itu, pilihlah mobil yang akan Anda beli dengan bijak, jangan hanya karena mengikuti gengsi.