POPULAR STORIES

58 Titik Penyekat Larangan Mudik Tersebar Di Pulau Jawa

58 Titik Penyekat Larangan Mudik Tersebar di Pulau Jawa Foto: Wandha/KO

KabarOto.com - Larangan mudik sudah diterapkan mulai hari ini (24/4). Berbagai skenario juga telah disiapkan oleh instansi terkait, menghindari banyaknya masyarakat Indonesia keluar-masuk wilayah lain. Salah satu skenarionya Polri telah menyiapkan penyekatan di beberapa titik.

Khusus Pulau Jawa, penyekatan dilakukan di 58 titik jalur darat yang kerap kali dilintasi pemudik. Penyekatan tersebar di DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Jawa Timur.

Baca Juga: Ini Sanksi Bagi Masyarakat Yang Tetap Mudik

Baca Juga: Update! 18 Titik Penyekatan Larangan Mudik Tersebar Di Jabodetabek

"Setelah dilakukan perhitungan dan evaluasi untuk Operasi Ketupat, jadi lalu lintas akan menempatkan 58 titik di seluruh Indonesia," jelas Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol Argo Yuwono.

Dijabarkan oleh Brigjen Pol Argo Yuwono persebarannya antara lain Banten 6 titik, DKI Jakarta 18 titik, Jawa Barat 17 titik, Jawa Tengah 5 titik, Yogyakarta 3 titik, dan Jawa Timur 9 titik.

Saat ini kepolisian bertugas masih mengedepankan sosialiasi larangan mudik bagi pengendara yang melintasi titik-titik pengawasan tersebut. Walau begitu, tidak ada penutupan jalan tol sehingga beberapa kendaraan masih bisa melintas.

Baca Juga: Dukung Pelarangan Mudik, Menteri Perhubungan Terbitkan Peraturan

Nah, kendaraan yang diizinkan melintas antarprovinsi hanya kendaraan pengangkut logistik, Bahan Bakar Minyak (BBM), alat kesehatan dan jasa ekspedisi.

Perlu diketahui bahwa penyekatan yang dilakukan dalam rangka larangan mudik berbeda dengan check point Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Mulai (24/4) PSBB DKI diperpanjang hingga 22 Mei 2020.