Toyota Recall 807.000 Unit Prius Karena Masalah Fatal

Toyota Recall 807.000 Unit Prius karena Masalah Fatal jika hal terjadi kehilangan daya, piranti power steering maupun rem tetap berfungsi, namun jika terjadi saat kecepatan tinggi akan beresiko tinggi kecelakaan (Foto: CarandDriver)

KabarOto.com - Pabrikan asal Jepang, Toyota melakukan recall untuk produk Toyota Prius produksi tahun 2010-2014, maupun Toyota Prius V produksi tahun 2012-2014 dengan jumlah 807.000 unit.

Recall ini dilakukan karena ditemukannya kehilangan daya pada sumber tenaga Toyota Prius. Seluruh 807.000 Toyota Prius tersebut merupakan unit yang beredar di Amerika Serikat.

Dilansir Carscoops, Toyota mengatakan jika hal terjadi kehilangan daya, piranti power steering maupun rem tetap berfungsi, namun jika terjadi saat kecepatan tinggi, akan beresiko tinggi kecelakaan.

Baca Juga: Toyota Yaris Versi Racing Di Paris Motor Show

“Mobil yang di-recall ini bisa gagal masuk ke dalam mode safety driving karena adanya kesalahan pada sistem hybrid. Toyota menemukan di situasi tertentu, mobil tidak bisa masuk ke mode safe driving,” jelas pabrikan Toyota.

Meskipun tergolong cukup berbahaya, namun tidak diperlukan pergantian komponen pada Toyota Prius yang di recall. Toyota mengatakan hanya cukup dilakukan update pada software-nya.

Pengguna Toyota Prius yang terkena recall akan diberitahukan, dan pengerjaannya tanpa dikenakan biaya apapun.

Sebelumnya, baik Toyota Prius maupun Toyota Prius V juga sempat dilakukan recall pada bulan Februari tahun 2014 dan Juli tahun 2015 lalu terkait perangkat rem. Namun untuk masalah sistem hybrid kali ini, Toyota mengatakan tidak mengantisipasinya.

Baca Juga: Profil – Toyota New Alphard