Ada Pabrikan Otomotif Indonesia Yang Siap Produksi Mobil Listrik

Ada Pabrikan Otomotif Indonesia yang Siap Produksi Mobil Listrik Mobil listrik terus dikembangkan di Indonesia

KabarOto.com - Pemerintah Indonesia membuka investasi seluas-luasnya bagi perusahaan yang ingin membangun pabrik. Dari sektor otomotif, Hyundai menjadi salah satu pabrikan yang baru saja meresmikan pabrik di Cikarang, Jawa Barat. Bahkan mereka memproduksi mobil listriknya untuk paar Indonesia dan ekspor di sana.

Bahkan, tak lama lagi akan ada pabrikan yang akan mulai memproduksi mobil listriknya akhir tahun ini. Hal itu, disampaikan Ketua Umum Gaikindo atau Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia, Yohannes Nangoi, di Jakarta Convention Centre, Selasa (15/03/2022).

Baca Juga: Mobil Listrik Buatan UGM Digunakan Di Bandara International Yogyakarta

"Contohnya nanti mulai September 2022 ada produsen yang produksi mobil listrik. Bahkan besok ada undangan first time pabrik produksi mobil listrik juga," jelas Yohannes Nangoi kepada media, di sela-sela pameran Jakarta Auto Week 2022.

Dibutuhkan fasilitas pengecasan untuk kembangkanmobil listrik di Indonesia

Dia menambahkan, Gaikindo juga menyambut baik rencana Pemerintah menjadikan Ibu Kota Negara (IKN) baru sebagai basis mobil listrik. Namun, dia berharap tak seluruh kota dijadikan basis untuk kendaraan listrik. Karena hal itu berkaitan dengan kesiapan infrastruktur.

"Kalau satu tempat itu bagus, tapi jangan seluruh Indonesia dijadikan basis mobil listrik, susah nanti karena infrastrukturnya belum," tambahnya. Menurut dia, jika satu kota dirancang menggunakan mobil listrik, didukung penuh karena pengembangan infrasturukturnya lebih mudah.

Sebagai informasi, Presiden Joko Widodo (Jokowi) beberapa waktu menyatakan, jika kendaraan konvensional berbahan bakar minyak (BBM) dilarang beroperasi di Ibu Kota Negara yang baru, bernama Ibukota Nusantara.

Baca Juga: Gaikindo: Relaksasi PPnBM 100 Persen Memicu Pergerakan Ekonomi

Karena, IKN dibangun dengan konsep kota hutan pintar, memprioritaskan mobilitas warga pejalan kaki. Transportasi yang diunggulkan adalah sepeda dan kendaraan umum ramah lingkungan.