POPULAR STORIES

Gaikindo: Relaksasi PPnBM 100 Persen Memicu Pergerakan Ekonomi

Gaikindo: Relaksasi PPnBM 100 Persen Memicu Pergerakan Ekonomi Pemerintah perpanjang PPnBM 100 persen sampai 31 Desember 2021

KabarOto.com - Demi membangkitkan penjualan otomotif yang sempat menurun tahun 2020 ini, Pemerintah memberikan relaksasi Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) 100%. Kukuh Kumara, Sekretaris Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menjelaskan, relaksasi tersebut bisa memicu pergerakan ekonomi.

Menurutnya, jika mengacu dari pengalaman PPnBM yang sudah diperpanjang beberapa kali, hampir seluruh Agen Pemegang Merek (APM) merasakan dampaknya. Bahkan, Gaikindo sempat mengkaji, bukan hanya peningkatan penjualan, industri lainnya yang terlibat juga bangkit.

Baca juga: Segmen Mobil Sedan Kecil, HPM Manfaatkan PPnBM Berdasarkan Emisi

Jika seluruhnya bergerak, menurut Kukuh percepatan pemulihan ekonomi bisa terjadi. "Ini bukan sekadar kenaikan penjualan, tapi dalam ekosistem itu sendiri ada sekitar 1,5 juta orang yang terlibat," jelas Kukuh, dalam diskusi bersama media yang bertema Ngobrol Virtual Santai (Ngovsan) bersama Forum Wartawan Otomotif, Rabu (22/12).

Suzuki Ertiga Sport (Foto: KabarOto.com)

Dia menambahkan, saat PPnBM ditanggung pemerintah membuat kehilangan Rp 2 triliun. Tapi sisi baiknya Pemerintah memberikan potential game, jumlahnya lebih dari Rp 5 triliun.

Sementara itu, belum lama ini Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM) Anton Jimmi Suwandy menyatakan, TAM belum bisa merespons terlalu jauh tentang rencana diskon PPnBM 100% yang dibuat permanen.

"Kami masih menunggu formal aturannya, sambil koordinasi internal termasuk dengan pihak produksi atau pabrik," terangnya. Kebijakan yang diterapkan pemerintah ini, harus memenuhi berbagai syarat untuk setiap kendaraannya.

Di antaranya kandungan lokal untuk kendaraan harus mencapai minimal 60%. Rencananya, PPnBM ini akan berakhir 31 Desember 2021 mendatang. kebijakan yang dijalankan saat ini PPnBM 100 untuk mobil bermesin 1.500 cc.

Baca juga: Program Toyota Di GIIAS 2021 Ditambah Diskon PPnBM, Ini Jadinya

sementara potongan 50 persen mobil 4x2 bermesin hingga 2.500 cc, dan 25 persen untuk mobil 4x4 dengan mesin sampai 2.500 cc. Ada 36 merek mobil yang merasakan relaksasi ini untuk konten lokal 60%. Namun jika konten lokal mencapai 80% hanya ada 11 merek mobil yang masuk ke dalam program ini.