POPULAR STORIES

Segmen Mobil Sedan Kecil, HPM Manfaatkan PPnBM Berdasarkan Emisi

Segmen Mobil Sedan Kecil, HPM Manfaatkan PPnBM Berdasarkan Emisi

KabarOto.com – PT Honda Prospect Motor (HPM) telah resmi meluncurkan All New Honda City dan All New Honda Civic RS. Keduanya akan mengisi segmen mobil sedan di Tanah Air.

Seperti diketahui, segmen mobil sedan terbilang kecil di Indonesia. Namun, pada 16 Oktober 2021 lalu pemerintah telah resmi menerapkan Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) mobil dengan skema baru. Di mana, PPnBM dihitung berdasarkan emisi, bukan bentuk mobil.

Baca juga: Sejarah Honda City, Tetap Eksis Dalam Bentuk Sedan Maupun Hatchback

Sebelum kebijakan ini, pajak mobil sedan di Indonesia dikenakan PPnBM mulai dari 30% hingga 125%. Dengan pajak berdasarkan emisi, harga mobil sedan bisa turun, tergantung emisi yang dikeluarkan mobil tersebut.

Menurut keterangan, Business Innovation and Sales & Marketing Director PT HPM, Yusak Billy mengatakan bahwa Honda percaya bahwa pemerintah telah mempertimbangkan regulasi pajak berdasarkan emisi ini dari berbagai sisi, terutama keseimbangan antara pertumbuhan ekonomi, industri, dan kondisi lingkungan.

Baca juga: Belum Punya Harga, 1.600 Unit All New Honda BR-V Sudah Terpesan

“Segmen sedan di Indonesia sekarang 1%. Segmen ini sangat segmented sekali, karena budaya konsumen di Indonesia ingin melakukan perjalanan Bersama-sama, dengan keluarga dan teman-teman. Selain itu ada kondisi alam dan infrastrukturnya,” ungkap Billy.

Dengan kondisi jalan dan budaya di Indonesia, konsumen banyak memilih jenis mobil di segmen SUV dan MPV. “Meskipun segmen sedan kecil, tapi konsumennya sangat loyal.

Untuk itu, kami mempertahankan model sedan untuk bisa memenuhi kebutuhan konsumen di Indonesia, sekaligus teknologi kami tingkatkan,” pungkas Billy.