Agus Gumiwang: Industri Otomotif Sudah Berangsur Pulih

Agus Gumiwang: Industri Otomotif Sudah Berangsur Pulih

KabarOto.com - Agus Gumiwang Kartasasmita selaku Menteri Perindustrian mengamini bahwa industri otomotif juga terdampak saat pandemi ini. Selain itu, Menurutnya industri otomotif menghadapi permintaan yang sangat besar.

Ia juga bilang bahwa industri otomotif berefek sangat besar di Indonesia hingga lebih dari satu juta pekerja berkontribusi di sektor ini.

"Sektor ini (otomotif) juga merupakan salah satu dari tujuh sektor prioritas. pada semester satu tahun 2020, kinerja industri otomotif melambat dibandingkan tahun lalu, tentu ini dampak dari pandemik," ujarnya.

Agus Gumiwang optimis kurva di semester kedua tahun ini akan mengalami peningkatan karena ia menilai dari penjualan kendaraan yang menurutnya mengalami inflasi di pertengahan tahun ini.

"Kinerja ekspor tetap terjaga baik sehingga saya optimis, bahwa pemulihan ekonomi melalui sektor otomotif akan menunjukan perkembangan positif," tuturnya.

Baca Juga: Dinilai Banyak Manfaat, AMMDes Kembangkan Model Yang Lebih Canggih

Secara data di atas kertas, penjualan mobil secara wholesale mulai mengalami peningkatan. Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), sepanjang Juni 2020 penjualan mobil mencapai 12.623 unit.

Angka tersebut naik 255% jika dibandingkan bulan Mei 2020. Tercatat penjualan yang mampu ditorehkan sepanjang bulan kelima hanya 3.551 unit yang artinya terjadi peningkatan signifikan pada bulan selanjutnya.