POPULAR STORIES

Alasan Utama Mesin Diesel Lebih Berisik Dari Mesin Bensin

Alasan Utama Mesin Diesel Lebih Berisik dari Mesin Bensin Mesin Diesel (istimewa)

KabarOto.com - Mobil bermesin diesel biasanya memiliki suara yang lebih berisik dibandingkan dengan mobil bermesin bensin. Lantas, apa penyebabnya?

Ya, suara yang berisik menjadi alasan utama konsumen enggan membeli mobil bermesin diesel. Tak hanya itu saja, mobil bermesin diesel juga memiliki getaran yang lebih kencang dibandingkan dengan mesin bensin.

Baca Juga:

Penyebab utama mesin diesel memiliki suara dan getaran yang lebih besar dibandingkan dengan mesin bensin adalah tingkat kompresi yang tinggi. Mesin bensin memiliki kompresi 1 banding 8-12. Adapun, mesin diesel memiliki kompres 1 banding 16-23.

Dengan demikian, saat terjadi pembakaran di ruang mesin, tekanan pada mesin diesel lebih besar dibandingkan dengan mesin bensin, sehingga menghasilkan suara dan getaran yang besar.

Hal lainnya yang dapat menyebabkan mesin diesel berisik dan bergetar adalah kualitas bahan bakar, saringan bahan bakar, dan saringan udara kotor.

Meski demikian, mesin diesel dianggap lebih tangguh dibandingkan dengan mesin bensin. Bahkan, kendaraan komersial seperti truk maupun bus yang biasa mengangkut penumpang dan barang dalam jumlah banyak lebih memercayai mesin diesel karena kuat dan tangguh.