POPULAR STORIES

Ali Adriyansah Berlaga Di ASBK1000 Tunggangi BMW S1000RR

Ali Adriyansah Berlaga di ASBK1000 Tunggangi BMW S1000RR Foto: Pertamina Lubricant

KabarOto.com - Pada akhir pekan ini bakal berlangsung Asia Road Racing Championship. Memasuki putaran keempat di Sirkuit Suzuka, Jepang. Ali Adriansyah Rusmiputro yang merupakan pembalap Pertamina Endura akan menjadi salah satu dari 100 rider loh. Kejuaraan berlangsung sejak 28 Juni hingga 30 Juni 2019.

Ali akan berkompetisi di kelas Asian Super Bike 1000 (ASBK1000). Pembalap Onexox TKKR SAG Team itu pun mengaku bahwa ia siap menghadapi tantangan yang sudah didepan mata. Termasuk tantangan Sirkuit Suzuka, yang terkenal sebagai sirkuit kombinasi sempurna antara teknikal dan full speed.

Baca Juga: Jadi Biang Kerok Jatuhnya Tiga Pembalap, Lorenzo Meminta Maaf

Pembalap harus mengeluarkan kemampuan teknis terbaik dalam menunggang sepeda motor. Dengan 18 tikungan, Suzuka bukan sirkuit lambat loh. Di bagian pertama, tantangannya berupa teknis, di mana pembalap harus bisa serasi dengan tunggangannya untuk menghadapi tikungan yang sambung menyambung.

"Mereka pun harus mempertahankan ritme di sepanjang balapan demi mendapatkan catatan waktu yang bagus," ungkap Najuib Hakeem, Manajer Onexox TKKR SAG Team.

Baca Juga: Alex Rins : Saya Cukup Senang Bisa Finis Ke-4 Di Catalunya

Memasuki bagian kedua, pembalap akan menemui trek lurus. Berbeda dengan tikungan yang memaksimalkan teknik, pada trek ini pembalap harus berpadu dengan fast corner. Ini merupakan kali pertama Ali berlaga di Suzuka, dan ia bertekad untuk beradaptasi dengan cepat.

Ditambah, Suzuka termasuk sirkuit yang berbahaya nih. Jadi kalau tidak cepat beradaptasi, tidak hanya performa terbaik yang sulit didapat. Hal terburuk seperti kecelakaan pun bisa saja terjadi loh. Dengan tantangan ini Ali memaksimalkan sesi latihan dengan motor BMW S1000RR yang nantinya akan ia tunggangi.

Baca Juga: Penampakan Sirkuit Mandalika Dalam Proses Pembangunan

"Saya sudah dapat feel-nya. Tapi akan ada perbedaan yang lumayan saat riding di jalan raya dan sirkuit," ucap Ali Adrian

Pada kelas ASBK1000 ini balapan akan dilakukan dua kali di setiap putarannya. Race pertama dilakukan pada hari Sabtu (29/06), sementara Race 2 dilakukan keesokan harinya pada hari Minggu (30/06). Ali juga berharap penampilan pada debutnya di ASB1000 dapat memberi hasil yang maksimal dan membanggakan.

"Saya akan berusaha sebaik-baiknya," tutup Ali Adriansyah Rusmiputro.