Alternatif Siasati Ganjil Genap Tol Jakarta - Cikampek

Edo Permanadhita
Edo Permanadhita 13 Mar 2018 - 06:15
Alternatif Siasati Ganjil Genap Tol Jakarta - Cikampek
Trans Jabodetabek Premium (KabarOto/Edo)

KabarOto.com – Sistem ganjil genap di jalan tol Jakarta – Cikampek resmi dilaksanakan (12/03). Kebijakan ini bertujuan untuk mengurai kemacetan di ruas tol Cikampek. Lalu, bagaimana untuk yang mesti bawa mobil sendiri pelat nomornya tidak cocok? Tenang saja, masih ada cara untuk menyiasatinnya kok.

“Kendaraan yang akan menuju arah Jakarta, namun tidak dapat melintasi jalur tol yang terkena peraturan ganjil genap, disarankan untuk melalui jalur alternatif lain,” ucap Budi Raharjo Kabag Humas Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (12/3).

Salah satunya dengan masuk dari gerbang tol Jatibening, melalui Jalan Inspeksi Kalimalang terlebih dahulu.

Bila tidak ingin menggunakan tol, kendaraan dari Bekasi arah Jakarta dapat terus melalui Jalan Inspeksi Kalimalang, hingga Cawang, dan selanjutnya bisa mengkses jalan menuju tol Tanjung Priok atau terus melalui Jakarta Timur.

Jalur alternatif lainnya, pengendara bisa mengambil rute Jalan Ahmad Yani - Jenderal Sudirman, kemudian menuju Jalan I Gusti Ngurah Rai atau Jalan Jend. Basuki Rachmad.

Selain itu, pengendara juga diarahkan untuk menggunakan angkutan umum yang telah disediakan, seperti Trans Jabodetabek Premium. “Kami telah menyediakan bus sebanyak 48 unit yang ditempatkan di Bekasi Barat dan BekasiTimur, dengan titik keberangkatan di Mega Bekasi dan Grand Dika,” kata Budi.

Baca juga: Kecelakaan Rombongan Lamborghini di KM 88 Tol Cipali, Begini Kronologinya

“Untuk rute, kami menyediakan tujuan Senayan City dan Grand Paragon di Jakarta Pusat, dengan jalur khusus di jalan tol,” lanjutnya. Harga tiket yang ditawarkan pun cukup bersahabat, hanya Rp 20 ribu untuk sekali jalan.

Editor : rio