Altroz, City Car Keren Keluaran Tata

Altroz, City Car Keren Keluaran Tata

KabarOto.com - Pabrikan asal India Tata Motors pertama kali memamerkan konsep 45X di Auto Expo pada Februari 2018 lalu, setelah itu Tata Motor membawanya ke ajang Geneva International Motor Show 2018. Konsep 45X yang mengejutkan mata pengunjung lewat desainnya, cukup keren untuk sebuah City Car, lekuk garis-garis tajam membuat mobil ini makin sporty.

Desainer dari Tata Altroz baru ini menginginkan mobil perkotaan premium dan ini merupakan produk pertama yang dikembangkan oleh Arsitektur ALFA (Agile Light Flexible Advanced) yang baru. Arsitektur ALFA hadir dengan pendekatan baru untuk merancang mobil ini, yang memungkinkan membuat berbagai desain bodi mobil, dan memiliki berbagai pilihan mesin seperti bensin, diesel, bahkan listrik sesuai kebutuhan konsumennya.

Baca juga: Tata Punya Mobil Mirip Dengan Honda Brio Baru Loh!

Tata Altroz memiliki bahasa desain IMPACT 2.0 khas Tata Motors, dengan desain yang tajam dan futuristik . Mobil ini menjurus kepada desain mobil perkotaan yang premium, teknologi canggih, dengan menggabungkan konektivitas yang nantinya memberikan kemudahan bagi pemiliknya dalam mobilitas.

Bagian eksteriornya memiliki desain atletis, dengan garis-garis tajam menandai Tata Altroz sebagai mobil yang futuristik. Aksen krom hadir menghiasi bagian lampu depan yang dibagi menjadi 2, gril bergaya khas mobil Tata masa kini dengan piano black memberikan kesan bagian depan Altroz lebih berkarakter.

Dilihat dari samping, Altroz memiliki desain yang serba menyudut. Frame pintu yang dibuat hitam, serta handle pintu belakang yang disembunyikan layaknya mobil Honda HR-V dan Nissan Juke, membuatnya terkesan seperti hanya memiliki 2 pintu saja.

Baca juga: Tata Siapkan 8 Mobil Baru Sampai Tahun 2020

Bagian belakang dari mobil ini dihiasi lampu berukuran besar yang diletakkan horizontal, dengan ornamen serba hitam yang menyatu dari ujung ke ujung. Bentuk bumper belakangnya memiliki lekuk yang cenderung biasa saja, tidak seperti bagian depannya, hanya dihiasi reflektor dan lampu fog lamp belakang.

Kabin Altroz begitu terasa aura khas mobil India yang modern, dashboard yang seperti menyatu dari ujung ke ujung dengan layar head unit 7 inci yang terkesan mengembang. Tombol AC menggunakan model tombol agar terlihat modern, lingkar kemudinya pun dipenuhi oleh tombol–tombol untuk mengatur layar MID, kontrol audio, dan fitur mobil ini sendiri.

Jantung mekanisnya mengandalkan mesin 4 silinder DOHC berkapasitas 1.198 cc, mesin ini sanggup memuntahkan tenaga hingga 100 dk dan torsi 140 Nm. Mobil ini memiliki panjang 3.988 mm, lebar 1.754 mm, dan tinggi 1.505 mm dinilai cukup kompak sebagai hatchback masa kini.

Bagaimana sobat kabaroto keren bukan? Kiranya kapan bisa meramaikan meramaikan pasar Indonesia ? (Leonardus Rianto)