Tata Punya Mobil Mirip Dengan Honda Brio Baru Loh!

Tata Punya Mobil Mirip dengan Honda Brio Baru Loh!

KabarOto.com - Beberapa waktu lalu, Brio baru saja meluncurkan generasi keduanya. Dari desainnya eksteriornya, mobil ini cukup mendapat perubahan dibanding generasi sebelumnya. Namun kali ini, KabarOto tidak akan bahas soal mobil itu. Yang menarik kali ini adalah justru dari merek negara Bollywood, yaitu Tata. Karena Tata memiliki mobil citycar yang cukup menarik, desainnya sangat mirip dengan Honda Brio, yang dinamai Tiago JTP.Menariknya, Tiago JTP terlihat seperti versi lain dari Honda Brio.

Mari kita lihat secara seksama dari eksteriornya terlebih dahulu. Dibagian depan memang bentuk body sangat berbeda dengan Honda Brio, tetapi ada satu titik yang membuat kita menyadari ini adalah sebuah Honda Brio, yaitu dari emblem JTP ala emblem RS seperti Honda.Namun, jika dibandingkan dengan Brio, salut untuk Tata karena sudah menggunakan lampu utama projector, serta adanya lubang udara pada bagian kap mesin seperti mengisyaratkan mobil ini adalah mobil yang benar-benar kencang.

Baca juga: Tata Motors Tambah Varian Tiago, Ini Sosoknya!

Dari sisi samping, ada sedikit nilai plus untuk Tiago JTP ini, contoh seperti bagian fender yang terdapat garnis lubang udara dengan emblem JTP yang menambah kesan sporti dari mobil mungil ini. Serta coba perhatikan bentuk spionnya, cover spion dari Tiago sangat mirip dengan spion kepunyaan Brio. Namun, pada Tiago spionnya sudah ada lampu sein, dimana Brio masih berada di sisi fender kecuali untuk tipe RS. Aksen-aksen seperti spion, atap, pilar tengah juga sudah diblackout.

Salah satu hal menarik lainnya adalah bagian pilar C dari Tiago, coba perhatikan bagian tersebut lalu bandingkan dengan Honda brio. Mirip bukan? Untuk peleknya, ukurannya sama seperti Brio RS yaitu 15 inci dengan berbalut ban 185/60 R15, dengan finishing warna dual tone.

Berlanjut ke sisi belakang mobil ini, kesan mirip semakin kental di bagian belakang. Seperti bentuk pintu belakang, desain lampu rem juga mirip, namun lampu rem dari Tiago dibuat lebih panjang sedikit ketimbang Brio. Lalu ada diffuser belakang layaknya Brio RS. Sekali lagi, nilai plus untuk Tata yang memiliki finishing dual muffler dan tambahan mata kucing pada bagian diffusernya.

Sebelum ke interiornya, kita bahas mesinnya dahulu. Berkapasitas sama dengan Brio yaitu 1.200 cc, tapi Tiago ini dilengkapi dengan turbocharger loh. Yang membuat tenaganya menjadi 110 dk dengan torsi sebesar 150 Nm, dan diklaim Tata jika akselerasi 0-100 kpj hanya dalam waktu 10 detik. Namun, Tata hanya menyiapkan mobil ini dalam transmisi manual saja.

Baca juga: Tata Siapkan 8 Mobil Baru Sampai Tahun 2020

Untuk bagian interior, walau berbeda model dengan Brio namun aksen-aksen orange tetap ada selayaknya Brio RS terbaru. Tetapi, Honda Brio sepertinya harus kalah dari sisi kabin, contohnya saja pada sisi speedometer, Tiago sudah mengusung layar MID monokrom untuk tampilan informasi mobil, audio steering dengan setir berlapis kulit juga sudah diterapkan pada mobil ini.

Lanjutnya, ada headunit layar monitor terintegrasi yang cukup untuk menghibur penumpang dalam kabin, apalagi dengan 8 buah speaker garapan Harman Kardon pastinya menimbulkan komposisi suara yang lebih berkualitas. Aura racing juga semakin kental dengan jok semi bucket dengan balutan bahan kulit serta motif jahitan merah, dan ada bordiran logo JTP pada bagian tengah. Sebagai pelengkap, pedal-pedal juga dicover oleh alumunium extension.

Harga untuk membandrol mobil ini berkisar 6,39,000 Lakh atau sekitar Rp 130 juta jika di rupiahkan.

Bagaimana menurut kalian? Mirip bukan? Kalau disuruh pilih, pilih yang mana hayo? (Deddi)