Anak Gaul 1990-an Pasti Ingat Bang Zaen Si Penjual Stiker Otomotif Legendaris, Ini Sosoknya Sekarang!

Anak Gaul 1990-an Pasti Ingat Bang Zaen si Penjual Stiker Otomotif Legendaris, Ini Sosoknya Sekarang! Foto: Kipli

KabarOto.com - Sobat KabarOto yang mengaku anak gaul era 1990-an pasti tahu kawasan Jakarta Selatan dengan segala hingar bingarnya, terutama di malam hari. Saat ponsel pintar belum eksis seperti sekarang, para remaja lebih senang menghabiskan waktu dengan hobi mereka seperti balapan, nongkrong di tempat-tempat hits 'Lintas Melawai', atau berburu pernik, contohnya stiker otomotif seperti yang dijual Bang Zaen.

Anak gaul otomotif pada zamannya pasti tak asing lagi dengan pria yang memiliki nama lengkap Zaen Martin ini. Beliau adalah sosok yang banyak ditunggu kehadirannya oleh pembeli dan kerabatnya di kawasan Hang Lekir, Jakarta Selatan untuk berburu pernik otomotif.

Menu andalannya antara lain stiker otomotif, yang kemudian merambah produk lain seperti cairan pembersih kendaraan, fuel booster agar bahan bakar lebih optimal, semir ban, aksesori Vespa, jip, kaos otomotif dan lain-lain.

Baca juga:

Seiring waktu, kawasan Hang Lekir telah beralih fungsi, Bang Zaen pun tak lagi menjajakan dagangannya di tempat tersebut. Banyak yang bertanya, dimana Bang Zaen sekarang?

Ditemui KabarOto di kawasan Pamulang I, Tangerang Selatan (1/5/2020), rupanya Bang Zaen merambah bisnis kuliner ditemani Kia Carnival hitam kesayangannya.

Menu yang dijual pun beragam dan relatif berbeda dari penjual yang berada di kawasan tersebut. "Iya, semua ada pasarnya masing-masing, biar enggak saling merasa kompetisi dalam berdagang, kan rezeki sudah ada yang atur," ujarnya dengan nada lembut khas dirinya.

Baca Juga: Trik Jitu Melepas Stiker Dari Kendaraan

Mantan wartawan sekaligus inisiator media tersebut juga rupanya aktif menjajakan dagangannya di berbagai kesempatan dan acara, "Sering ikut bazaar gitu di kantor-kantor sampai acara otomotif seperti GIIAS (Gaikindo Indonesia International Auto Show) di BSD, sekarang lagi rutin di sini (Pamulang) saja, karena lagi PSBB juga," beber Bang Zaen.

Selama Ramadan, beliau mengaku sudah berada di depan Mitra 10 Pamulang I tersebut sejak siang hari hingga malam hari. "Sekitar pukul 2 siang saya sudah ada di sini hingga sekitar pukul 10 malam atau batas jam malam PSBB, karena biasanya ada yang patroli. Kalau kondusif seperti sebelum Covid-19, bisa sampai lewat tengah malam," lanjut fotografer tersebut.

Rupanya beliau masih sama, selain menjajakan makanan dan minuman ringan, terlihat botol-botol racikannya berisi cairan untuk berbagai keperluan perawatan kendaraan masih berjajar rapi di meja dagangannya. "Kalau stiker dan aksesori nanti tunggu situasi membaik setelah Covid-19, Insya Allah saya produksi lagi," kata pecinta off-road tersebut.

Bang Zaen berharap, setelah kondisi dunia membaik, semua bisa berkumpul lagi seperti sedia kala dan kembali mempererat silaturahmi dengan teman-teman yang dahulu pernah meramaikan dunia otomotif maupun yang baru.

Sehat terus Bang Zaen!