POPULAR STORIES

Apa Keuntungan Menggunakan Area Parkir Yang Dikembangkan Dengan Sistem Terkini?

Apa Keuntungan Menggunakan Area Parkir yang Dikembangkan dengan Sistem Terkini? Begini Keuntungan Menggunakan Area Parkir yang Dikembangkan dengan Sistem Terkini (Kipli)

KabarOto.com - Kemampuan License Plate Recognition (LPR) juga tak hanya mendeteksi identitas kendaraan dan mempercepat proses transaksi di gerbang area parkir.

Saat ini, Chief Executive Officer Centre Park, Charles Oentomo menjelaskan, tim Alfabeta tengah mengembangkan fitur lokasi, nantinya pengguna yang menggunakan aplikasi Parkee bisa mengetahui lokasi parkir kendaraannya.

Fitur ini akan sangat bermanfaat diterapkan di kawasan parkir gedung bertingkat, karena salah satu masalah yang kerap dihadapi konsumen adalah lupa lokasi parkir.

“Fitur tersebut tentunya akan meningkatkan pengalaman bagi pengguna aplikasi Parkee,” kata Charles. Saat ini, di aplikasi yang juga dikembangkan Centrepark tersebut, pengguna sudah bisa menikmati berbagai fitur, seperti pembayaran yang lebih simpel dan mudah, pemesanan (booking) area parkir di lokasi-lokasi yang telah mendukung, dan sebagainya.

Baca Juga: Pusat Perbelanjaan Ini Perdana Terapkan Sistem Parkir 'Tap In Tap Out'

Adapun, dari sisi pengelola gedung, pemanfaatan teknologi LPR yang dikembangkan Centrepark bakal memberi nilai tambah lain. Misalnya, perekaman data yang lebih baik dan akurat, sehingga manajemen gedung bisa menganalisa tren traffic kendaraan, mengetahui data jenis kendaraan yang parkir, sampai dijadikan sarana promosi.

Aneka manfaat ini klaimnya bisa menjadi revenue stream baru bagi pengelola gedung, yang diharapkan pihak manajemen bisa bekerja sama dengan perusahaan periklanan untuk program marketing.

Secara khusus, penggunaan LPR di pusar perbelanjaan, menurut Charles, akan dikembangkan menjadi sebagai sebuah sarana untuk menganalisa customer journey.

Baca Juga: Toyota BZ4x Bisa Parkir Otomatis, Begini Caranya

“Fitur ini kami sebut sebagai shopping mall solution, kami mengolah data dan membuat analisis mengenai pengalaman kunjungan konsumen, area yang paling banyak dikunjungi konsumen, hingga analisa data demografi dan emosi pengunjung,” ungkapnya.

Sebagai sebuah perusahaan asli Indonesia, Centrepark akan terus melakukan inovasi untuk mendukung kemajuan industri perparkiran di Tanah Air. “Tak hanya di Indonesia, aneka inovasi dan layanan yang kami sediakan juga akan kami kembangkan ke negara-negara lain di kawasan Asia Tenggara,” tutup Charles.