POPULAR STORIES

Apakah Posisi Grid Box Max Verstappen Melanggar? Begini Penjelasannya

Apakah Posisi Grid Box Max Verstappen Melanggar? Begini Penjelasannya Foto : F1.

KabarOto.com - Belakangan posisi grid jadi perbincangan hangat di F1. Apalagi sejak kejadian penalti Fernando Alonso (Aston Martin). Hingga FIA memutuskan memperlebar jarak grid box hingga 20 cm.

Namun ada yang menarik saat restart berlangsung di Grand Prix Australia 2023. Di mana posisi Max Verstappen (Red Bull Racing) ketika di grid box dianggap terlalu maju, namun tidak terkena penalti.

Peraturan mengatakan adanya pelanggaran apabila kondisinya, "Ada bagian tapak dari ban depan yang kontak di luar garis (depan dan samping), pada saat sinyal start,".

Jika dilihat memang bagian sayap depan Verstappen sangat berada di depan mobil lainnya. Namun jika diteliti, bagian ban depan RB19 tidak pernah melewati bagian garis di grid box, sehingga dianggap menaati peraturan.

Baca Juga : Alex Albon Ungkap Kekecewaan Gagal Finis Di F1 Australia 2023

"Sejujurnya, saya pikir saya mengerem sedikit terlambat dan kemudian saya sedikit kehilangan referensi. Tapi kemudian saya melihat dan saya seperti 'ah saya masih memiliki lebih banyak ruang.' Jadi saya benar-benar bergerak sedikit ke depan," ujar Verstappen.