POPULAR STORIES

Aplikasi Si Ondel Untuk Bayar Pajak Kendaraan Warga DKI Jakarta

Aplikasi si Ondel untuk Bayar Pajak Kendaraan Warga DKI Jakarta

KabarOto.com - Membayar pajak kendaraan sudah menjadi kewajiban setiap warga negara yang memiliki kendaraan bermotor. Di beberapa wilayah berbagai kemudahan diberikan untuk mempermudah pembayaran pajak, misalnya samsat drive-thru atau aplikasi smartphone.

Setelah Jawa Barat meluncurkan Sambara dan Jawa Tengah memiliki Sakpole, kini giliran DKI Jakarta yang memiliki aplikasi untuk pembayaran pajak. Ditlantas Polda Metro Jaya baru saja meluncurkan Si Ondel (Online Delivery) pada Selasa, (22/9).

"Iya (DKI Jakarta), kalau Jawa Barat ada aplikasi Sambara," ujar Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo pada KabarOto (23/9).

Baca Juga: Penjualan Otomotif Masih Lambat, Menperin Bebaskan Pajak Mobil Baru

Si Ondel merupakan aplikasi berbasis teknologi informasi yang bisa digunakan untuk pembayaran pajak kendaraan bermotor tahunan. Sehingga, masyarakat tak lagi kesulitan untuk melakukan transaksi dengan mengunjungi Samsat secara konvensional. Apalagi saat ini masih pandemi, berkerumun di suatu lokasi menjadi hal yang dihindari.

"Aplikasi ini sebagai jawaban atas masyarakat di tengah pandemi Covid-19. Ini juga menjawab kebutuhan masyarakat di Jakarta yang serba dinamis dan cepat untuk mengetahui informasi layanan secara online," jelas Dirlantas Polda Metro Jaya.

Melalui aplikasi Si Ondel, warga DKI Jakarta bisa melakukan pembayaran pajak tahunan secara online sampai pengesahan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK).

Baca Juga: Tenang, Warga Jawa Tengah Bisa Taat Pajak Melalui Aplikasi Sakpole

Saat melakukan pembayaran di setiap STNK ada stiker sebagai tanda bukti bayar. Nah, karena pembayarannya dilakukan secara online maka stiker akan dikirim ke rumah yang bersangkutan.

"Di STNK setiap tahun ada stiker (bukti bayar pajak). Kalau kita bayar pajak, stiker ini akan ditempelkan di kotak. Karena pembayaranya secara online maka stikernya akan dikirimkan ke rumah," tambahnya.

Saat ini layanan online melalui Si Ondel sudah bekerja sama dengan sembilan Bank di Indonesia yaitu Bank DKI, Bukopin, BTN, BRT, My Bank, Pertama, Mandiri, dan BCA.