Arus Balik Masih Padat, Kebijakan Contraflow Terus Diperpanjang

Arus Balik Masih Padat, Kebijakan Contraflow Terus Diperpanjang Foto: Jasa Marga

KabarOto.com - Beberapa instansi dan perusahaan sudah kembali beraktivitas normal sejak 10 Juni lalu usai libur Lebaran. Namun, masih ada beberapa pemudik terutama yang berangkat dari Ibu Kota, belum kembali pada hari tersebut. Arus balik pun masih terus terpantau nih Sob, bahkan pada (11/06) kemarin tercatat hampir 10 ribu kendaraan kembali ke Jakarta.

Padatnya kendaraan ketika arus balik membuat PT Jasa Marga Persero atas diskresi Kepolisian memberlakukan kebijakan contra flow. Kebijakan ini khusus untuk arah Jakarta dari Km 53 hingga 38 Jalan Tol Jakarta Cikampek.

Baca Juga: Ini Titik Lokasi Pengisian BBM Di Tol Trans Jawa Saat Arus Balik Mudik

Kebijakan contraflow yang dimulai pukul 16.20 WIB selain untuk mengurai kepadatan lalu lintas, kebijakan ini diberlakukan untuk mengantisipasi penumpukan kendaraan di rest area Km 52 dan Km 42. Beberapa waktu lalu juga sempat diberlakukan buka-tutup rest area juga.

Baca Juga: Geger, Sopir Bawa Bus Mudik Kedalam Kampungnya

Tak disangka lalu lintas arus balik masih sangat padat, sehingga kebijakan contraflow yang sebelumnya direncakan di Km 53 sampai Km 38 diperpanjang. Pada pukul 17.20 WIB contraflow diperpanjang mulai Km 65 hingga Km 29.

Pada pukul 17.05 WIB kebijakan contraflow juga sempat diperpanjang mulai Km 65 hingga Km 38. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi menumpuknya kendaraan di rest area Km 62, Km 52, dan Km 42. Karena titik ini berpotensi menimbulkan kepadatan.

Dengan jumlah lalu lintas selama empat hari arus balik ini, telah memenuhi 75% dari total lalu lintas mudik sebesar 1,21 juta kendaraan yang melintas pada H-1 s.d. H-7 arus balik Lebaran 2019, sehingga terdapat sisa 25% atau sebanyak 300 ribu kendaraan yang masih belum melakukan perjalanan dari Jakarta.

Baca Juga: Anti Lelah, GrabWheels Kini Hadir Di Bandara Soekarno-Hatta Untuk Layani Pemudik

Sedangkan untuk distribusi lalu lintas di ketiga arah sebesar 61% dari arah Timur, 23% dari arah Barat dan 16% dari arah Selatan. Bagi Sobat Kabaroto yang masih dalam perjalanan menuju Ibu Kota, selamat menempuh perjalanan dan selalu berhati-hati.

Tidak lupa, pihak Jasa Marga juga selalu mengingatkan pemudik untuk selalu memperhatikan rambu-rambu dan arahan para petugas di lapangan. Jangan lupa untuk selalu mengisi kecukupan saldo uang elektronik dan bahan bakar sebelum memasuki ruas tol. Hal ini penting agar pemudik aman, nyaman, dan lancar selama perjalanan.

Baca Juga: Uniknya Aksesori Dapur Portable Pada Rivian R1T