POPULAR STORIES

Aston Martin V12 Zagato Heritage TWINS By R-Reforged

Aston Martin V12 Zagato Heritage TWINS by R-Reforged

KabarOto.com – Rumah desain asal Warwick, Inggris, yakni R-Reforged suguhkan kreasi terbarunya untuk selebarasi satu abad Zagato. Berupa Aston Martin V12 Zagato Heritage TWINS by R-Reforged.

Sesuai namanya, diyakini kembar namun tidak identik. Dibedakan dari tipe Coupe dan Speedster. Pastinya jadi rebutan, karena produksinya hanya 19 pasang saja.



Luar biasanya, Aston Martin V12 Zagato Heritage TWINS by R-Reforged ini diracik oleh para tangan terampil di markas R-Reforged seluas 2.800 meter persegi.

Baca juga: Aston Martin V12 Speedster 2021, Mobil Kencang Cocok Jadi Koleksi Sultan

Memang, Zagato merupakan rumah desain yang tak diragukan racikannya latar belakang sejarahnya. Aston Martin V12 Zagato sempat dihadirkan tahun 2011, tapi kali ini dibalut penuh serat karbon.

Ubahan signifikan terlihat mulai dari moncong, ditambahkan splitter baru dan sayap depan. Sementara bagian buritannya, dibuat canggih, active aero guna memaksimalkan keseimbangan ketika melaju kencang.



"Ini dari racikan anyar mobil adalah untuk hadirkan pajangan keren di garasi, benar-benar mobil koleksi dan diinginkan; Coupe dan Roadster," ujar Andrea Zagato.

Dirinya menegaskan bahwa terbatas 19 pasang ini akan sangat jarang, menghadirkan kembali kejayaan Zagato. "Meski telah membuat 450 model sejak kali pertama perusahaan ini berdiri, kami memilih Aston Martin karena sebagai rekanan paling bergengsi selama 50 tahun terakhir."

Adanya kerjasama dengan R-Reforged memastikan Aston Martin V12 Zagato Heritage TWINS by R-Reforged menghadirkan kendaraan yang punya kesan klasik.



Mesin V12 berkapasitas 5.900 cc juga telah dilakukan penyempurnaan, hasilkan tambahan 80 dk menjadi total 608 dk. Hal tersebut berkat pemakaian knalpot versi titanium.

Postur Aston Martin V12 Zagato Heritage TWINS by R-Reforged terlihat lebih rendah dari versi sebelumnya. Ternyata ada penurunan jarak suspensi 10 mm, kemudian jarak pijak ban diperlebar 20 mm.

Setiap roda dipasangkan pelek 19 inci dari pemasok khusus Formula 1 yakni APP Tech. Meningkatnya offset ban, diimbangi cengkraman Michelin Pilot Sport 4S.

Oh iya, racikan sempurna setiap detail serat karbon diyakini pengerjaannya memakan waktu hingga 400 jam. Agar lekukan sempurna dan kemudian dituang pelapis agar mengilap serta tahan terhadap paparan sinar ultra violet.

Baca juga: Audi R8 RWD 2021 Panther Edition Hanya Tersedia 30 Unit!



Tatanan kabin meski mobil sport, tetap disajikan material mewah. Seperti kulit Grad A lansiran Bridge of Weir's. Pemilihan permukaan kulit dan warna dibuat beragam, sesuai peruntukannya.

Racikan R-Reforged ini ternyata melibatkan 12 orang bertangan terampil dan memakan waktu 16 minggu untuk pengerjaan. Wajar, ada 500 komponen yang dipastikan benar-benar tanpa cacat terpasang di mobil.