POPULAR STORIES

Audi Q8 Siap Menggoda "Kaum Berduit" Di Indonesia

Audi Q8 Siap Menggoda "Kaum Berduit" di Indonesia Audi Q8 (Deni/KO)

KabarOto.com - PT Garuda Mataram Motor (GMM), selaku Agen Pemegang Merek (APM) Audi secara resmi meluncurkan SUV unggulannya, Audi Q8 di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 yang berlangsung pada 18–28 Juli 2019 di ICE, BSD City, Tangerang. Produk terbaru Audi ini melengkapi jajaran produk-produk premium terbaik pabrikan asal Ingolstadt Jerman yang sebelumnya sudah dipasarkan di Tanah Air.

“Audi Q8 mengombinasikan keleluasaan dan keergonomisan sebuah SUV dengan garis desain yang elegan dari sebuah SUV coupe. Dijejali berbagai kelengkapan, sistem konektivitas yang canggih dan ketangguhan di medan off-road, mobil ini menjadi rekan yang tepat untuk berlibur maupun berbisnis sekalipun,” tukas Jonas Chendana, COO PT Garuda Mataram Motor.

Meski menjadi pelengkap jajaran produk full-size Audi, namun dari sisi dimensi dengan panjang 4.990 mm, lebar 2.000 mm dan tinggi 1.710 mm, mobil ini terlihat lebih lebar, lebih panjang dan lebih pendek, jika dibandingkan Audi Q7. Namun dengan jarak sumbu roda yang hampir mencapai 3.000 mm. Bisa dibilang mobil ini menyuguhkan keleluasaan di dalam kabin yang menjadi daya tariknya, jika dibandingkan kompetitor di kelasnya.

Baca juga: Audi SQ8 TDI, SUV Besar Tapi Irit

Secara desain, Audi Q8 menyajikan tampilan lebih segar dari keluarga SUV Q Audi. Sosok singleframe gril berbentuk oktagonal di bagian depan, kini tampil dengan bingkai lebih tegas, menunjukkan kesan yang mewah sekaligus mempertegas nilai sporty yang diusungnya.

Garis atap turun melandai ke bagian belakang khas sebuah coupe dan berakhir di pilar-D yang tampil kokoh untuk menegaskan kemampuan hebatnya sebagai sebuah SUV.

Audi Q8

Masuk ke dalam kabin Audi Q8 hadir dengan interior yang lebih mewah, berkat hadirnya panel dengan dominasi warna hitam. Kini tampilan Audi Q8 terasa lebih bersih dan sederhana menjadi pengganti tampilan rumit untuk menggambarkan kecanggihan teknologi.

Sistem kendali Audi Q8 terpusat pada MMI yang dapat diakses melalui dua layar utama di tengah-tengah dashboard. Pertama adalah layar utama berukuran 10,1 inci untuk kendali sistem hiburan dan navigasi yang dilengkapi dengan tampilan 3D view camera dan layar kedua adalah layar 8,6 inci di bawahnya yang digunakan untuk mengatur penyejuk kabin, fungsi-fungsi kenyamanan dan input tulisan.

Di balik lingkar kemudi terdapat Audi virtual cockpit berupa layar sebesar 12,3 inci yang menjadi pusat informasi bagi sang pengemudi.

Audi Q8 dipersenjatai mesin V6 berkapasitas 3.0 liter yang dapat menghasilkan tenaga puncak 340 dk dan torsi hingga 500 Nm. Mesin itu disalurkan melalui transmisi otomatis 8-percepatan Tiptronic. SUV ini dapat berakselerasi 0 – 100 km/jam dalam 5,9 detik, sebelum mencapai kecepatan puncak 250 km/jam.

Audi Q8

Performa itu juga dipadukan dengan efisiensi bahan bakar, berkat penggunaan teknologi Mild-Hybrid (MHEV) terbaru sebagai fitur standard.

Teknologi ini mengintegrasikan baterai lithium-ion dan belt alternator starter (BAS) menjadi sistem kelistrikan utama 48-volt. Teknologi ini memungkinkan Q8 untuk menjelajah di antara kecepatan 55 – 160 kpj dengan kondisi mesin mati, hingga saatnya BAS akan menyalakan kembali mesinnya dengan cepat dan sangat lembut.

Baca juga: Audi Q8 Tawarkan Varian Mesin Baru, Tetap Hybrid

Saat deselerasi BAS dapat mengumpulkan kembali energi hingga 12kW, hasilnya teknologi ini mampu memangkas konsumsi bahan bakar hingga 0,7 liter setiap 100 km.

New Audi Q8 ditawarkan dengan harga Rp 2,455 miliar on the road dan tersedia dalam 8 pilihan warna, yakni Deep Black, Carrara White, Samuray Grey, Florest Silver, Dragon Orange, Argus Brown, Galaxy Blue dan Cobra Beige.

Di ajang GIIAS kali ini, GMM juga menampilkan sejumlah line-up produk mereka, seperti Audi A3 Sportback, sedan Audi A4 serta SUV Audi Q5, Audi Q7 serta dilengkapi dengan mobil sport premium Audi RS 5 yang berada di booth 3A, Hall 3, ICE-BSD, Tangerang.