Audi SQ8 TDI, SUV Besar Tapi Irit

Audi SQ8 TDI, SUV Besar tapi Irit Foto: Audi AG

KabarOto.com – Audi SQ8 adalah varian paling sporty dari keluarga Q8. Terlahir sebagai SUV coupe mewah besar, Q8 akhirnya mendapatkan varian S yang menawarkan performa kencang, bahkan diklaim yang terkencang di kelasnya untuk pasar Eropa, dengan efisiensi tinggi berkat tambahan supercharger bertenaga listrik 48 Volt.

Tampilan eksteriornya gagah khas Audi berkat gril octagonal singleframe dengan aksen abu-abu di sekelilingnya, lalu air dam di bumper yang terlihat besar, membuat tampak depannya lebih gagah. Pembedanya adalah emblem SQ8 dengan aksen merah yang diletakkan di gril dan pintu bagasi.

Baca juga: Audi S8 2020 Bakal Pakai Mesin V8 Dengan Teknologi Mild Hybrid

Penampilannya makin keren ketika melihat pelek palang 5 berdiameter 21 inci yang jadi standar, dengan opsi pelek 22 inci, untuk yang ingin tampil lebih macho. Ditambah sistem penerangan sudah menggunakan lampu LED dengan teknologi HD Matrix.

Efisiensi Optimal Berkat Kompresor Listrik

Namun fitur paling mengasyikkan di Audi SQ8 adalah sumber tenaganya. Menggunakan mesin diesel berkofigurasi V8 berkapasitas 4.000 cc. Masih ditambah turbo ganda dengan supercharger elektrik yang dinamakan EPC (Electric Powered Compressor), menggunakan sistem kelistrikkan 48 Volt, yang jadi sistem hybrid ringan (MHEV).

Jadi pada putaran mesin rendah, kedua turbonya dibantu oleh EPC untuk meningkatkan tenaganya secara spontan. Sistem EPC memakai data listrik dari baterai Lithium-ion, yang diposisikan di bagasi. Daya listriknya berasal dari starter yang juga berfungsi sebagai alternator berdaya besar, sekaligus ada fungsi regeneratif, untuk mengisi ulang ketika Audi SQ8 berdeselerasi.

Hasilnya adalah tenaga total hingga 435 dk dengan torsi maksimum 900 Nm, yang sudah didapat dari putaran mesin 1.250 hingga 3.250 rpm. Sampai Audi mengklaim inilah mesin diesel dengan tenaga terbesar di Eropa.

Disambung melalui transmisi otomatis Tiptronic 8 percepatan dengan penggerak Quattro permanent all-wheel drive khas Audi. Akselerasi SQ8 sangat mengaggumkan, 0-100 kpj hanya ditempuh selama 4,8 detik, dengan kecepatan maksimal 250 km/jam, inipun dibatasi secara elektronik.

Tak hanya andalkan tenaga besar, namun Audi berhasil membuat SQ8 efisien untuk konsumsi bahan bakarnya. Hasil tes mereka mendapatkan angka 1:12,8 (liter per km), cukup irit untuk mesin berkapasitas 4.000 cc.

Baca juga: Test Drive Jaguar F-Pace 3.0 R-Sport, Tawarkan Kepraktisan Tinggi Dan Rasa Berkendara Sport

Suspensi Canggih

Demi kenyamanan maksimal, Audi SQ8 TDI memiliki fitur Audi drive select dynamic handling system dan suspensi udara adaptif dengan damper. Suspensi ini sekaligus meningkatkan handling dan bisa memvariasikan posisi ketinggiannya hingga 90 mm.

Fitur ini didukung teknologi differential sport aktif. Jadi ketika Audi SQ8 menikung di kecepatan tinggi, differential ini akan membagi torsi secara merata ke masing-masing roda belakang. Sehingga meminimalisasi kemungkinan slip.

Plus masih ada fitur all-wheel steering, jadi roda belakang akan ikut belok saat di tikungan, hanya saja beda di kecepatan tertentu. Misal di kecepatan rendah, di bawah 60 kpj, roda belakang akan berbelok berlawanan arah dengan roda depan. Ini akan membuat radius putar SQ8 jauh lebih kecil. Namun di atas 60 kpj, roda belakang akan berbelok searah roda depan. Ini akan meningkatkan stabilitas di kecepatan tinggi.

Baca juga: All New Bentley Flying Spur, Perpaduan Antara Limosin Dan Mobil Sport

Masuk ke interior, kabin menggunakan warna gelap dengan kursi embos S dan warna jahitan kursi yang kontras. Terdapat pilihan jok dengan tambahan fitur pendingin dan fungsi pijat.

Bagaimana dengan teknologinya? Terdapat 2 layar sentuh besar informatif di konsol tengah. Layar ini bisa dioperasikan dengan disentuh atau menggunakan perintah suara melalui Amazon Alexa, sebagai asisten pengemudi selama perjalanan yang terintegrasi dalam sistem operasi MMI.

Untuk mengintegrasikan ponsel dengan head unit canggih mobil, transfer data dilakukan melalui koneksi LTE Advanced yang merupakan bagian dari navigasi MMI Plus. Navigasi ini terhubung dengan hotspot Wifi dan layanan koneksi dari Audi.

Sistem navigasi mobil mengalami peningkatan dengan layanan Car-to-X yang memberikan informasi kondisi lalu lintas dan informasi bahaya. Sistem navigasi dengan fitur ini menerima data dari komputer pusat lalu lintas.

Harganya? Audi SQ8 TDI akan hadir untuk pasar Eropa di musim panas dengan harga dasar sekitar Rp 1,6 miliar. (Nora Dian Pratama)