Audi RS 5 Sportback, Bila Tak Ingin Mencolok

Audi RS 5 Sportback, Bila Tak Ingin Mencolok

KabarOto.com - Diperkenalkan penghujung tahun lalu, banyak yang terkesima dengan tampilan anyar Audi RS 5 Sportback. Meski ada juga pilihan Audi RS 5 Coupe dengan suguhan performa yang sama.

Tapi RS 5 Sportback punya pesona berbeda, terutama bagi Sobat KabarOto yang tak ingin tampil mencolok untuk sebuah sedan. Tapi punya kekaguman akan perfoma kendaraan empat pintu ini ketika dilesatkan.

Audi RS 5 Coupe dan RS 5 Sportback


RS 5 Sportback ini punya dimensi berbeda dari tipe Coupe, tepatnya Sportback lebih panjang 60 mm menjadi 4.783 mm, lebar sama 1.866 mm dan lebih tinggi 15 mm menjadi 1.387 mm. Begitu juga sumbu roda lebih panjang 60 mm, yakni 2.826 mm.

Baca juga: Suka Merek Inggris, Ini Mobil Kenegaraan Kim Jong Un

Tampilan wajah memang tak ada beda, lampu depan gunakan Matrix LED sebagai standar. Tapi bila ingin RS 5 Sportback lebih beda, ada RS-psecific darkened Matrix LED dengan Audi lampu laser.



Sayangnya, RS 5 Sportback tidak ditawarkan seperti Coupe dengan atap bermaterial Carbon Fiber Reinforced Polymer (CFRP). Diklaim bobotnya lebih ringan 4 kg. RS 5 Sportback memang lebih tepat dengan pilihan atap panorama, suasana kabin jadi lebih lapang.



Para desainer Audi memang bekerja keras agar mobil ini lebih fungsional dalam hal pendinginan mesin namun juga minim hambatan anginnya. Melalui desain Singleframe datar, kisi-kisi tiga dimensi gril menjadi pasokan udara, bagian kiri untuk meningkatkan aerodinamika dan bagian kanan untuk memasok udara ke water cooler. Begitu seriusnya merancang ini, dikabarkan mendapat hambatan udara hanya 0,32 cd.



Spoiler lip di bagian belakang selain sebagai pemanis, namun juga membantu RS 5 Sportback membelah udara. Ujung pipa gas buangnya, familiar seperti di RS 6 dan RS 7. Terselip di antara diffuser.



Perihal tatanan material kabinnya, tak ada yang lebih dimanjakan. Akan disapa oleh jok sport RS di depan dengan setelan elektrik dan penumatik dengan berbagai sudut dan ketinggian sesuai keinginan pengendara.



Bahan kulit Nappa menjadi andalan serta bahan Alcantara, termasuk membalut lingkar kemudi dengan flat bottom. Oh iya, saat membuka pintu, di bagian bawahnya ada penerangan akses ke permukaan jalan berlogo RS 5. Sementara itu, suasana kabin bisa dipilih 30 warna.



Layar sentuh Multi Media Interface (MMI) berukuran 10,1 inci bisa memberikan berbagai informasi kepada pengendara. Tapi bila ingin lebih besar lagi, ada ukuran 12,3 inci full HD beresolusi 1.920x720 pixel.

Baca juga: Cara Merawat Mobil Balap dan Off-road saat Pandemik Covid-19

Status kendaraan bisa dipantau melalui MMI ini mulai dari tekanan ban, torsi, tenaga, temperatur oli mesin, tekanan turbo hingga g-force. Selain itu bisa juga digunakan menghitung akselerasi dan lap time.



Performa mesin V6 twin-turbo, 2.9 TFSI menjadi yang didambakan di RS 5 Sportback ini. Tenaga sajikan 450 dk pada 5.700-6.700 rpm dan torsinya 600 Nm yang bisa dimainkan pada 1.900 - 5.000 rpm.

Akselerasinya tak kalah dengan supercar, yakni 0-100 kpj tembus 3,9 detik. Kecepatan tertinggi mesin berkapasitas 2.894 mm ini dibatasi demi keselamatan hanya 250 kpj. Tapi bisa dibuka hingga 280 kpj.



Transmisi delapan percepatan tiptronic dipadu quattro. Perpindahan gigi bisa dipilih melalui paddle shift yang lebar di belakang kemudi.

Perihal suspensinya, RS 5 Sportback ini berdesain five-link yang kebanyakan bermaterial alumunium. Diharapkan meladeni pengendaraan sporty tanpa mengesampingkan kenyamanan. Jarak pijak roda depan 1.598 mm dan roda belakang 1.588 mm.



Pijakan ke permukaan aspal, Audi menggunakan ban profil 265/35 pelek 19 inci. Cakram 375 mm di depan dan 330 mm di belakang siap mengawal deselerasi, apalagi kaliper rem mencapai 6 piston.

Tapi bila berkendara Sobat KabarOto lebih menuntut jarak yang rapat dan presisi, ada cakram diameter 400 mm berbahan carbon-fiber ceramic. Dipasangkan pula pendingin cakram di kolong mobil.