POPULAR STORIES

Bagian Mobil Yang Tidak Boleh Dicuci Steam

Bagian Mobil yang Tidak Boleh Dicuci Steam

KabarOto.com - Hujan saat ini sering mengguyur berbagai wilayah di Indonesia. Air hujan yang berada di aspal dan tanah membuat bodi, kolong bahkan ruang mesin menjadi kotor. Usai terkena kotoran, pemilik mobil biasanya langsung mendatangi cuci steam, agar mobil kembali bersih.

Pencuci mobil biasanya akan menawarkan ruang mesin disemprot dan dibersihkan menggunakan air. Agar terlihat bersih, pemilik mobil biasanya menerima tawaran itu, dan bangga jika seluruh bagian mobilnya bersih.

Baca Juga: OtoTips: Video Mencuci Mobil Yang Benar

Ruang mesin bagian mobil yang tidak boleh disemprot dan disiram air

Namun ternyata, mencuci ruang mesin mobil tidak disarankan. Banyak akibat yang terjadi jika bagian tersebut dicuci dengan air bahkan disemprot menggunakan steam. "Itu bahaya ya, air bisa masuk ke celah-celah kecil. Bisa masuk juga ke sensor," terang Bambang Supriyadi, technical Service division, Astra Daihatsu Motor (ADM).

Meski setelah itu disemprot menggunakan angin, agar air keluar dari bagian mesin, namun menurut dia pasti ada yang masuk.

"Semprot kan yang di luar, yang sudah masuk di dalam gak tahu," tambah Bambang. Jika air sudah masuk ke bagian mesin, maka akan menggangu kinerja mobil.

Baca Juga: Langkah-langkah Mencuci Mobil Saat #dirumahaja

Untuk itu, dia menyarankan jika ada debu kering, atau kotoran, bersihkan menggunakan lap basah. "Jangan di steam, tidak ada special treatment untuk bersihkan bagian ini," tambahnya.