POPULAR STORIES

Baidu Dapat Izin Uji Coba Mobil Otonom Penuh Di Amerika Serikat

Baidu Dapat Izin Uji Coba Mobil Otonom Penuh di Amerika Serikat

KabarOto.com – Pabrikan mobil asal Tiongkok, Baidu mendapatkan izin melakukan pengujian kendaraan otonom di jalan umum di California, Amerika Serikat.

Dengan begitu, Baidu merupakan pabrikan keenam yang mendapatkan izin untuk melakukan pengujian kendaraan otonom penuh dari Departemen Kendaraan Bermotor Negara Bagian (Departement of Motor Vehicles).

Sebelumnya, lima pabrikan yang mendapatkan izin yang sama adalah Cruise, Waymo, Nuro, Zoox, dan AutoX. Saat ini, tercatat ada 60 perusahaan yang memiliki izin aktif untuk menguji kendaraan otonom dengan pengemudi (safety driver) di California.

Baca Juga : Kolaborasi Mobil Otonom Hyundai Dan Apple, Bakal Dipegang Kia

Setelah bertahun-tahun Baidu telah mendemonstrasikan kendaraan level 4 sepenuhnya otonom di konferensi
pengembangannya, Baidu World. Kemudian, perusahaan telah menerima lisensi pertama untuk menguji kendaraan otonom penuh di jalan umum di Tiongkok.

Baidu telah mendapatkan izin dari regulator California menguji kendaraan otonom dengan pengemudi keselamatan sejak 2016. Dengan izin baru ini, perusahaan bisa menguji tiga kendaraan tanpa pengemudi di jalan-jalan tertentu seperti Sunnyvale, di Santa Clara Country.

Baca Juga : Gandeng Cruise, Honda Bikin Layanan Mobilitas Dengan Mobil Otonom

Kendaraan otonom yang diuji di jalan raya hanya boleh melaju dengan batas kecepatan 72 kpj. Pengujian dapat dilakukan siang dan malam, namun tidak pada saat cuaca buruk seperti hujan dan kabut.

Selanjutnya, perusahaan yang mendapatkan izin ini diharuskan memberikan bukti asuransi atau jaminan senilai $5 juta dan mematuhi beberapa aturan lain, seperti melatih operator jarak jauh tentang teknologi.