POPULAR STORIES

Bakal Bangun Pabrik, BYD Masih Analisa Kebutuhan Konsumen Indonesia

Bakal Bangun Pabrik, BYD Masih Analisa Kebutuhan Konsumen Indonesia Tiga mobil listrik BYD diperkenalkan di Indonesia (Foto: Sigit/Kabaroto)

KabarOto.com - Merek mobil listrik asal Tiongkok, BYD resmi masuk pasar otomotif Indonesia dengan memperkenalkan tiga mobil listrik, yakni BYD Seal, Atto 3 dan Dolphin. Ketiganya masih dalam perkenalan, belum diresmikan harga jualnya.

Eagle Zhao, Presiden Direktur BYD Motor Indonesia mengatakan, langkah selanjutnya, BYD akan menganalisa pasar otomotif Indonesia untuk mengetahui kebutuhan konsumen Tanah Air, dan berencana bangun pabrik di sini.

“Kami akan membangun diler untuk memenuhi layanan penjualan, servis dan ketersediaan suku cadang, kemudian kami berkomitmen meluncurkan produk baru setiap tahunnya,” jelas Eagle Zhao.

Baca Juga: BYD Resmi Luncurkan Tiga Mobil Listriknya Di Indonesia

BYD Seal akan mengisi segmen sedan listrik di Indonesia

Sementara itu, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto mengungkap nilai investasi pabrikan asal Tiongkok ini di Indonesia.

“Saya mengapresiasi langkah BYD untuk ikut serta membuat diversifikasi mobil listrik di Indonesia, saya yakin perkembangan kendaraan listrik di Indonesia akan lebih agresif lagi,” ungkap Airlangga dalam video sambutan di peluncuran BYD, Kamis (18/01/2024).

Menurutnya dengan masuknya BYD ke Indonesia, akan membuat segmen mobil listrik di Indonesia semakin maju, apalagi pabrikan telah berinvestasi untuk memenuhi kebutuhan infrastruktur fasilitas produksi.

Baca Juga: Setelah Mobil Listrik, BYD Incar Segmen Pikap Kabin Ganda

“Dari informasi yang saya dapat investasi BYD di Indonesia adalah 1,3 miliar (dolar AS) dengan kapasitas produksi 150.000 unit per tahun,” tambah Airlangga.

Meskipun tidak menyebut secara rinci realisasi dari investasi senilai Rp 20 triliun, BYD berencana akan membangun pabriknya di Indonesia pada tahun 2024.

“Kami segera membangun pabrik di Indonesia pada tahun ini,” kata Eagle Zhao.