POPULAR STORIES

Bakal Bertempur Di GP Moto2, Berikut Kilas Balik Presetasi Andi Gilang

Bakal Bertempur di GP Moto2, Berikut Kilas Balik Presetasi Andi Gilang Andi Gilang

KabarOto.com - Musim depan pada 2020 Grand Prix (GP) Moto2 akan digelar. Andi Farid Izdihar yang lebih dikenal dengan nama Andi Gilang akan menjadi wakil Indonesia, bergabung bersama Honda Team Asia (HTA).

Sebelumnya, HTA sudah mengumumkan line up resmi pembalap yang akan bertanding di GP Moto2 dan Moto3. Namun, ada slot kosong di tim GP moto2.

Kesempatan tersebut diambil oleh Andi Gilang untuk bergabung selama satu musim penuh pada 2020 mendatang. Bersama pembalap asal Thailand, Somkiat Chantra, Andi akan tidak hanya membawa nama baik negara masing-masing, tetapi berusaha meraih prestasi terbaik.

Baca Juga: Ada Maling Spare Parts Di MotoGP Malaysia 2019?

"Alhamdulillah, saya bersyukur dan sangat termotivasi. Sebisa mungkin saya berupaya meraih poin, sembari berlatih sebaik mungkin," kata Andi.

Kilas balik sepak terjang Andi sebagai pembalap muda, lelaki berusia 22 tahun ini berasal dari Bulukumba, Sulawesi Selatan. Ia merupakan salah satu lulusan pertama Astra Honda Racing School (AHRS). Lulus pada 2010, Andi digembleng pada ajang Asia Dream Cup pada 2014.

Baca Juga: MotoGP Malaysia 2019: Kemenangan Maverick Vinales Untuk Afridza

Tidak tanggung-tanggung, Andi mampu meraih posisi ke-6 di akhir musim. Nah, tahun berikutnya ia sudah mulai terjun di beberapa ajang. Seperti di Asia Talent Cup, Andi mampu menjadi juara di seri Qatar.

Kemudian, ia tergabung dalam tim kejuaraan balap ketahanan, Suzuka 4hours Endurance. Hebatnya, ia berhasil meraih finish di posisi ke-2.

Andi Gilang CEV Moto2

Andi semakin menunjukkan peningkatan terlihat dari prestasinya yang semakin baik. Pada 2016, Andi kembali berlaga di Asia Talent Cup dan berhasil menyabet posisi ketiga klasemen. Selanjutnya, ia naik kelas dengan debut di Eropa mengikuti ajang FIM CEV Moto3 Junior World Championship hingga 2017.

Baca Juga: Pantau Pembangunan Sirkuit Mandalika, Bos Dorna: Bakal Jadi Sirkuit Terindah

Saat ini, konsentrasinya diberikan penuh untuk musim balap Asia Road Racing Championship kelas Supersport 600. Andi masih berjuang dengan bertengger di posisi ke-5 klasemen. Juli lalu ia juga tidak melewatkan ajang Suzuka 8 Hours Endurance World Championship.

Kerennya, Andi juga sudah mencicipi atmosfer balapan kelas dunia di GP Moto2 2019 dengan melahap sirkuit Misano, Italia. Saat itu ia menggantikan Dimas Ekky Pratama di Honda Team Asia.

Sementara di ajang CEV Moto2 World Championship, Andi sudah melahap tiga seri melalui wildcard di Catalunya, Jerez, dan Albacete. Nah, Wildcard-nya tersisa satu untuk digunakan pada seri terakhir di Valencia, November 2019.