POPULAR STORIES

Ban Besar Laris, Ini Laporan Keuangan Hankook Kuartal Pertama 2022

Ban Besar Laris, Ini Laporan Keuangan Hankook Kuartal Pertama 2022 Ban Hankook (Hankook)

KabarOto.com - Perusahaan ban Hankook Tire mengumumkan hasil keuangan perusahaan pada Q1/2022 dengan penjualan secara global mencapai 1.790,6 miliar won Korea (KRW). Sementara laba operasional sebanyak 126,0 miliar KRW.

Ekonomi global yang tidak menentu pada kuartal pertama tahun 2022, diklaim membuat perusahaan mengalami penurunan laba operasi sebesar 32,2% secara YoY (year on year/perbandingan tahun ke tahun).

Sebagian besar penurunan laba tersebut disebabkan oleh gangguan rantai pasokan dunia yang masih berlanjut, kenaikan harga bahan baku, lonjakan kasus Covid-19, dan masalah geopolitik.

Kendati demikian, aktivitas penjualan perusahaan terus meningkat sebanyak 10,8% YoY berkat strategi penetapan harga (pricing strategy) dan distribusi produk yang efektif di wilayah utama penjualan.

Baca Juga: Hankook ION, Ban Khusus Mobil Listrik Performa Tinggi

Secara khusus, penjualan dominan terdapat di segmen produk ban mobil penumpang high-inch (ukuran ± 18 inci) yang menyumbang 39,0% dari seluruh penjualan dengan kenaikan 1,3% secara YoY.

Adapun secara regional, Korea, Cina, dan Eropa memiliki pertumbuhan penjualan yang signifikan. Pangsa pasar ban high-inch untuk mobil penumpang di Cina sebanyak 49,1%, persentase ini naik 8,6% secara YoY, sedangkan pasar Korea dan Eropa masing-masing meningkat 2,3% dan 0,9% YoY.

Baca Juga: Hankook Laufenn Tawarkan Ukuran 13 Hingga 20 Inci Untuk SUV Yang Gemar Offroad

Sementara itu, pasar USA menunjukkan pemulihan yang stabil pada kuartal pertama dengan lonjakan penjualan ban pengganti (replacement tire) melampaui permintaan pasar.

Tahun ini, Hankook Tire menargetkan pertumbuhan dobel digit dan peningkatan porsi penjualan ban high-inch sebanyak 42% dari total penjualan ban mobil penumpang.

Hankook klaimnya akan mempertajam fokusnya untuk menguasai segmen ban kendaraan listrik, memperkuat kemitraan dengan produsen mobil terkemuka, serta memperluas saluran distribusi dan penjualan regional.