POPULAR STORIES

Ban Motor Ada Batas Maksimal Penggunaan, Ini Yang Disarankan

 Ban Motor Ada Batas Maksimal Penggunaan, Ini yang Disarankan Ban motor ada batas maksimal

KabarOto.com - Ban motor merupakan salah satu bagian dari sepeda motor yang tidak bisa dianggap sepela. keberadaannya sangat penting, kondisinya harus selalu diperhatikan, agar pengendara tidak celaka karena kondisi ban yang sudah tidak memungkinkan untuk digunakan.

Kondisi ban yang gundul atau sobek akan membahayakan pengendaranya saat berada di jalan raya. Dan biasanya, sebagian besar pemilik motor tidak memperhatikan, yang penting tidak kempes dan bisa dijalankan, ban tersebut akan terus dipakai.

Baca Juga: Cara FDR Bersaing Dengan Produsen Ban Motor Lain

Namun, ternyata ban motor itu ada batas maksimal penggunaan. Produsen ban memiliki batas maksimal pemakaian ban, tidak semuanya sama.

"Kalau berapa lama ban itu tergantung pemakaian," terang Elsafan Rendianto, FDR Promotion Department Head.

FDR sendiri, menurut dia sudah melewati standar SNI, dan waktu pakainya sudah sesuai dengan standar yang ditentukan. "Bahkan field test pemakaian hingga 10.000 km," terang Rendy.

Mengenai tanda-tanda ban yang harus diganti, menurut Rendy FDR punya Progressive Tread Wear Indicator (TWI), yaitu petunjuk tingkat ke ausan ban, antara 25%, 50% dan 75%. "Jadi pemakai bisa siap-siap jika sudah habis 50-75%," terang dia.

Baca Juga: Daya Cengkeram Ban Lebih Kuat, FDR Gunakan Bahan Ini Untuk Varian Ultimate

Dia pun tidak menyarankan jika menunggu sampai ban habis atau gundul. ”Apalagi kondisi hujan seperti saat ini, bisa membahayakan pengendara," tutup Rendy.