POPULAR STORIES

Ban Motor Yang Cocok Digunakan Saat Musim Hujan

Ban Motor yang Cocok Digunakan Saat Musim Hujan Ban motor berteknologi Silica (Foto: KabarOto)

KabarOto.com - Musim hujan telah tiba. Bagi Anda yang mengendarai sepeda motor, perlu hati-hati saat berada di jalan raya. Jalanan licin bisa membuat celaka. Ban menjadi faktor penentu, pilih ban yang sesuai dengan kegunaannya, bisa untuk melintasi jalan kering dan basah.

Wahyu Budi, Training Analyst PT Wahana Makmur Sejati (WMS) menyarankan untuk menggunakan ban dengan kembangan atau motif rapat, memiliki teknologi silica, atau standar bawaan pabrik. Berikut penjelasan tentang tiga model ban untuk musim hujan.

Baca Juga: Ban Mizzle M20 Dan M22 Sudah Diuji 32.000 Km, Ini Hasilnya

1. Ban Kembang atau Motif Rapat

Motif ban seperti ini gunanya untuk memecah air, saat melintasi genangan. Sehingga motor dapat berjalan stabil. Meski begitu, jika melihat terdapat aliran air deras, sebaiknya hindari, karena ada risiko motor terguling dan bisa terseret arus.

Ban motor dengan kembang rapat (Foto: KabarOto)

Semakin rapat kembangan, maka semakin tinggi kemampuan untuk membuang air yang dilalui. Daya cengkram ban terhadap aspal menjadi lebih kuat.

2. Ban Berteknologi Silica

Teknologi silica pada ban bisa mencengkram permukaan jalan. Ban ini dianggap aman digunakan saat berkendara melintasi jalanan licin dan basah. Dapat terhindar dari selip ketika sedang berbelok atau menikung. Ban dengan teknologi silica ini lebih awet 80 persen.

Baca Juga: Meski Pandemik Covid-19, Ban Mizzle MR X Laris Di Pulau Jawa

3. Ban Standar

Ban ini sesuai rekomendasi pabrikan, karena dibuat dengan menyesuaikan jalanan Indonesia, termasuk ketika hujan. Namun, perlu memperhatikan juga kedalaman kembangan pada ban. Jika sudah tipis, tetap harus diganti, demi keselamatan berkendara. Harus dipastikan juga tekanan angin sesuai dengan yang ditentukan.