Banyak Beredar Aki Asal Tiongkok, Begini Penjelasannya

Banyak Beredar Aki asal Tiongkok, Begini Penjelasannya

KabarOto.com - Baterai atau aki merupakan salah satu komponen penting dalam sebuah kendaraan. Apabila tidak ada aki maka kendaraan baik mobil atau motor tidak bisa menyala. Sama halnya seperti mainan remote control tanpa baterai.

Namun belakangan banyak beredar aki dengan harga murah di pasaran yang didatangkan langsung dari Tiongkok. Namun apakah aki tersebut memiliki kualitas yang bagus? Begini penjelasannya.

Baca juga: Limbah Baterai Kendaraan Listrik Mengancam, Kemenperin Punya Solusi

"Aki dari Tiongkok sebenarnya cukup baik digunakan, asalkan mobil atau motor tidak digunakan. Maksudnya untuk kendaraan jarang dipakai," Ujar Dede Surya Fandy owner HB Battery di kawasan Cideng, Jakarta Pusat.

Lalu bagaimana soal keamanan, apakah kendaraan cukup aman menggunakan aki China?

"Kalau keamanan, kembali tergantung produsennya, bahan apa yang digunakan misalnya plastik cover, dan plat timahnya. Namun sebagian besar aki pabrikan Tiongkok memakai timah daur ulang," jelasnya.

Baca juga: Mobilmu Pakai Idling Stop Technology? Begini Perbedaan Aki Atau Baterainya

Walau memiliki fungsinya sama, tapi aki Tiongkok biasanya punya umur lebih pendek, "Misalnya aki pabrikan jelas bisa tahan 1,5 hingga 2 tahunan. Namun aki Tiongkok, umumnya hanya bertahan sekitar 5 sampai 6 bulanan, kembali pemakaiannya," beber pria ramah itu.