Banyak Tanggal Merah, Kendaraan Tinggalkan Jakarta Meningkat

Banyak Tanggal Merah, Kendaraan Tinggalkan Jakarta Meningkat

KabarOto.com - Agustus 2020 cukup banyak libur panjang, bahkan di tengah pandemi ada kemungkinan momen ini dijadikan kesempatan untuk pulang kampung. PT Jasa Marga (Persero) memprediksi akan ada dua puncak arus mudik keluar DKI Jakarta.

Arus mudik ini disebabkan HUT RI ke-75 pada 17 Agustus dan Tahun Baru Islam 1442 H pada 20 Agustus. Sehingga puncaknya akan tiba pada Jumat, (14/8) dan Rabu (19/8).

Selama dua hari mulai 14-15 Agustus, diperkirakan volume lalu lintas keluar Jakarta mencapai 322.437 kendaraan. Angka tersebut menunjukkan kenaikan 8,5% dibandingkan lalu lintas normal. Perpindahannya didominasi ke arah Timur sebanyak 48,1%, dan ke arah Selatan/Lokal 24,7% serta arah Barat 27,2%.

Baca Juga: Ditambah 4 Fasilitas Baru, Rest Area Tol Batang - Semarang Makin Lengkap

Sementara Tahun Baru Islam, diprediksi terjadi pada 19-21 Agustus sebanyak 476.843 kendaraan atau naik 21,1%. Distribusinya mayoritas menuju ke arah Timur sebanyak 50%, kemudian ke arah Selatan/Lokal 23,1%, dan arah Barat 26,9%.

"Angka prediksi dua puncak arus mudik tersebut merupakan angka kumulatif lalin meninggalkan Jakarta dari beberapa Gerbang Tol," ujar Operation & Maintenance Management Group Head Jasa Marga, Pratomo Bimawan Putra.

Baca Juga: Urai Kepadatan, Gerbang Tol Cikunir 4 Dioperasikan

Bima juga menyebutkan beberapa GT Barrier/utama yang dituju, yaitu GT Cikupa (arah Barat), GT Ciawi (arah Selatan) serta GT Cikampek Utama & GT Kalihurip Utama (arah Timur).

Jasa Marga mengimbau kepada pengguna jalan tol agar dapat mengantisipasi perjalanan sebelum memasuki jalan tol, serta selalu terapkan protokol kesehatan Covid-19.