POPULAR STORIES

Bassa Suseno: Naik Motor Tak Bersuara, Itu Keren!

Bassa Suseno: Naik Motor Tak Bersuara, Itu Keren! Awak Kabaroto jajal motor listrik (kabaroto/Acrul Afandy)

Kabaroto.com- Mindset atau pandangan kebanyakan orang kalau naik motor tapi tak bersuara, itu tak keren, sebenarnya salah. Padahal, itu sangat asyik dan menenangkan.

Selain itu, menggunakan motor listrik sangat irit dan ramah lingkungan. Bahkan, kalau dihitung dengan rupiah, biaya 'bahan bakar' yang harus dikeluarkan sekitar Rp18 per kilometer.

Baca Juga:

"Harusnya pemakai motor listrik dikasi insentif. Sekarang pemerintah kan lagi menggalakkan kendaraan ramah lingkungan," kata Bassa Suseno, Direktur PT Jaya Mimika Lestari, distributor Japan Electric Vehicle, di kantornya, bilangan Kepala Gading, Jakarta Utara, beberapa waktu.

Bassa lalu mengambil kalkulator untuk membuktikan menggunakan motor listrik jauh lebih hemat dibanding mengendarai motor konvensional.

"Coba kita hitung motor listrik 48 volt, atau sekitar 0,6 Kwh, bisa menempuh jarak kira-kira 50 Km. Biaya yang dikeluarkan sekitar Rp900 untuk jarak tempuh 50 kilometer. Jadi, Rp18 sekilo," jelas Bassa Suseno.

Lalu bandingkan dengan motor konvensional yang rata-rata butuh 1 liter pertalite untuk jarak tempuh 35 kilomter. Untuk sampai jarak tempuh 50 kilomter, dibutuhkan setidaknya 2 liter. Uang yang harus dirogoh sekitar Rp15 ribu, sedangkan motor listrik cuma Rp900.

"Belum lagi jalan macet, jadi perbandingan 1:35 menjadi tidak akurat karena bahan bakar tetap terpakai walaupun kendaraan berhenti," kata Bassa.