Bedah Lebih Dalam Hyundai Kona, Berapa Harga Yang Pantas?

Bedah Lebih Dalam Hyundai Kona, Berapa Harga yang Pantas? Hyundai Kona

KabarOto.com - PT Hyundai Mobil Indonesia (HMI) dipastikan bakal merilis model Sport Utility Vehicle (SUV) terbarunya untuk pasar Indonesia, yakni Hyundai Kona. Model ini diklaim bakal mengisi segmen antara Hyundai Tucson dan juga Hyundai Santa Fe yang lebih dulu dipasarkan di pasar domestik.

Sedikit mengulas lebih dalam, jika dibandingkan dengan para rivalnya yang lebih dulu masuk ke pasar Indonesia, mobil ini tak kalah menarik. Di mana Hyundai Kona memiliki tampilan modern, serta dijejali sejumlah fitur dan teknologi yang membuatnya pantas untuk bersaing di Tanah Air.

Untuk dapat meraih pasar, tentunya sisi harga menjadi faktor yang paling mempengaruhi produk baru dapat diterima pasar atau pun tidak. Menurut informasi yang didapat dari laman resmi Samsat Jakarta. Terungkap bahwa nilai jual kendaraan bermotor terbaru Hyundai itu tertulis sebesar Rp 218 juta.

Baca juga: Ssstt.. Hyundai Kona Dipastikan Bakal Meluncur Di IIMS 2019

Sementara jika melihat persaingan pasar saat ini, sejatinya model SUV kompak itu diproyeksi bakal dilego dengan kisaran harga Rp 280 hingga Rp 300 jutaan. Harga yang dicanangkan itu tidak terikat, alias masih dapat berubah sewaktu-waktu. Terlebih mobil ini masih berstatus CBU (completely build-up).

"Harga untuk Kona tentunya akan kompetitif, itu sudah menjadi bagian dari strategi kami, untuk dapat meraih pasar di segmen SUV Kompak," ujar Deputy Marketing Director PT HMI, Hendrik Wiradjaja.

Jika melihat segmen itu yang dihuni oleh sejumlah merek pabrikan Jepang seperti Honda HR-V yang dipasarkan dengan harga Rp 285 hingga Rp 400 juta untuk tipe 1.8 liter prestige. Setidaknya Hyundai Kona bisa menjadi alternatif bagi masyarakat yang ingin membeli mobil SUV dengan banderol yang lebih terjangkau.

Hyundai Kona Indonesia

Selain itu, ada juga Mitsubishi Outlander yang dipasarkan dengan rentan harga Rp 330 hingga Rp 370 jutaan. Serta Mazda CX-3 yang dipasarkan dengan harga Rp 398,8 juta hingga Rp 446,8 Juta.

Namun bekal kuat Hyundai Kona untuk dapat bersaing di Indonesia sendiri adalah dari sisi desain yang menggunakan bahasa rancang bangun Fluidic Sculpture, yang menampilkan desain menarik yang terlihat dari tampilan depan hingga garis bodi yang tegas.

Secara dimensi, Hyundai Kona memiliki panjang 4.165 mm, lebar 1.800 mm dan tinggi 1.550 mm. Jarak sumbu rodanya 2.600 mm. Tampilannya sendiri mengingatkan kita dengan sang saudaranya, Hyundai Santa Fe, namun dengan dimensi yang lebih kecil.

Hyundai Kona Indonesia

Jika berangkat dari spesifikasi yang ditawarkan di pasar global, Hyundai Kona telah disematkan sejumlah fitur dan teknologi modern seperti Forward Collision-Avoidance Assist (FCA), Lane Keeping Assist (LKA), High Beam Assist (HBA), Driver Attention Warning (DAW) hingga Blind-Spot Collision Warning (BCW).

Tidak hanya itu saja, Hyundai Kona pun telah didukung dengan fitur Rear Cross-Traffic Collison Warning (RCCW), yang memungkinkan untuk mendeteksi kendaraan lain yang melintas di belakang, ketika mobil akan mundur keluar dari parkiran. Diharapkan model yang bakal masuk ke Indonesia mendapatkan fitur yang sama ya, guys!

Baca juga: Hyundai Siapkan Amunisi Baru Untuk Perkuat Pasar Mereka Di Indonesia

Di sejumlah negara lainnya, Hyundai Kona ditawarkan dalam tiga pilihan mesin yakni mesin 2.0-liter MPI Akitson (145,9 dk), mesin Gamma 1.6L Turbocharged (173,5 dk) dan mesin 3 silinder 1.0L Turbocharged (117,9 dk). Sejumlah mesin itu pun dikawinkan dengan beberapa pilihan transmisi, seperti transmisi otomatis 6-speed. Kemudian transmisi otomatis 7 percepatan dual-clutch (7-DCT) pada mesin 1.6L Turbo

Sebagai catatan untuk Anda, Hyundai Kona yang dipasarkan di Indonesia kemungkinan bakal menggunakan mesin 2.0L. Dengan pilihan mesin ini yang paling masuk akal dengan perawatannya yang mudah, karena jika dengan mesin turbo pun kemungkinan harganya akan lebih mahal.

Kehadiran model ini setidaknya dapat menjadi pilihan baru bagi masyarakat pecinta SUV maupun crossover di Tanah Air.