POPULAR STORIES

Begini Cara Kerja Fitur Honda Sensing Di All New Honda HR-V

Begini Cara Kerja Fitur Honda Sensing di All New Honda HR-V Kabin All New Honda HR-V (Foto: HPM/KabarOto.com)

KabarOto.com - All New Honda HR-V kini sudah dilengkapi dengan teknologi keselamatan Honda Sensing di seluruh varian. Di mana, teknologi ini diklaim memberikan perlindungan menyeluruh bagi pengemudi dan penumpang dengan memberikan peringatan untuk secara otomatis mengambil tindakan untuk mengurangi risiko kecelakaan.

Sebelumnya, Honda Sensing ini sudah disematkan di Honda Odyssey, Accord, All New Civic RS, CR-V, dan All New BR-V.

Sementara itu, Honda Sensing yang disematkan pada All New HR-V meliputi Collision Mitigation Braking System (CMBS), Lane Keeping Assist System (LKAS), Road Departure Mitigation System (RDM), Adaptive Cruise Control (ACC) dengan Low SpeedFollow, Auto-High Beam, dan Lead Car Departure Notification System (LCDN).

Baca Juga : All New Honda HR-V Ditargetkan Terjual 35.000 Unit Per Tahun

Desain eksterior All New Honda HR-V

Penasaran dengan fungsi dari beberapa fitur pada Honda Sensing? Simak penjelasannya, Sob!

Collision Mitigation Braking System (CMBS)

Fitur ini akan membantu ketika terdapat kemungkinan kendaraan akan berbenturan dengan kendaraan lain atau pejalan kaki yang terdeteksi di bagian depan. CMBS didesain untuk memberikan tanda ketika ada potensi benturan yang terjadi sehingga membantu mengurangi kecepatan kendaraan guna mengurangi dampak benturan yang tidak terhindarkan.

Road Departure Mitigation System (RDM)

RDM berguna menjaga dan membantu pengemudi untuk berkendara tetap pada jalurnya. Sistem tersebut akan mendeteksi kemungkinan kendaraan yang keluar dari garis jalur atau meninggalkan jalan dengan memberikan getaran pada kemudi dan visual.

Adaptive Curise Control (ACC) with Low-Speed Follow

Fitur ini memiliki kegunaan menjaga kestabilan dan kecepatan kendaraan, serta mengatur jarak belakang kendaraan yang terdeteksi di depan. Selain itu, fitur ini juga akan membantu mengurangi kecepatan secara otomatis, bahkan menghentikan kendaraan tanpa harus menginjak rem atau gas bila kendaraan yang terdeteksi di depan berhenti.

Kegunaan fitur ini sangat membantu saat melakukan perjalanan jauh ke luar kota dengan rute lintas tol. Selain menjaga kenyamanan dan keamanan, adanya adaptive cruise control juga sangat memanjakan pengendara bahkan bisa membuat laju mobil konstan sehingga memberikan efisiensi bahan bakar.

Baca Juga : All New Honda HR-V Dibekali Fitur Honda Sensing, Harganya Rp355 Jutaan

Roda kemudi dengan beberapa tombol pengaturan

Lane Keeping Assist System (LKAS)

LKAS pada teknologi Honda Sensing berguna menjaga kendaraan tetap pada jalur yang terdeteksi, tapi perlu di tekankan bila fitur ini bukanlah sistem pengganti kontrol kendaraan seperti autonomus, karena fitur ini tak akan berfungsi bila tangan tak diletakkan pada kemudi.

Auto High-Beam (AHB)

Fitur berfungsi memberikan lampu jauh atau besar dan lampu normal secara bergantian tergantung pada situasi jalan. Fitur ini akan bekerja saat mobil berada di atas kecepatan 40 kpj dengan posisi tuas lampu diputar dari low beam ke posisi auto.

Lead-Car Departure Notification System (LCDN) :

Fungsi dari fitur ini adalah memberikan peringatan yang mendeteksi pergerakan pada kendaraan di depan yang bergerak. Sistem akan memberikan peringatan melalui layar informasi di MID yang diiringi dengan sinyal agar pengemudi bisa mengikuti gerak mobil di depan.

Contoh ketika di lampu merah yang biasanya dimanfaatkan sebagian pengendara untuk mengecek ponsel. Saat lampu sudah hijau dan mobil depan bergerak, LCDN akan langsung memberikan peringatan agar pengemudi juga ikut berjalan.