POPULAR STORIES

Begini Cara Kerja Mesin Hybrid Peugeot

Begini Cara Kerja Mesin Hybrid Peugeot Peugeot

KabarOto.com - Tahun 2023 akan menjadi "tahun listrik" bagi Peugeot, contohnya sistem hybrid baru yang dirancang oleh Stellantis pada Peugeot 3008 dan 5008, sebelum diperluas ke model lainnya.

Sistem Peugeot 48V Hybrid terdiri dari mesin bensin PureTech bertenaga 136 dk generasi baru, ditambah girboks elektrifikasi dual-clutch 6 kecepatan baru yang mencakup motor listrik.

Dengan baterai yang diisi ulang saat berkendara, teknologi ini klaimnya memberikan torsi ekstra pada putaran mesin rendah dan menurunkan konsumsi bahan bakar hingga 15% (126g CO2/km pada 3008 dan 128g CO2/km pada 5008).

Baca Juga: Peugeot 508 Tunjukkan Wajah Baru, Begini Spesifikasinya

Selama deselerasi, mesin bensin mati dan mesin listrik menjadi generator untuk mengisi ulang baterai 48V. Kendaraan hanya digerakkan dengan mesin listrik dalam mode emisi 0, di kota dalam jarak pendek dan saat bermanuver.

mesin hybrid tersebut klaimnya menawarkan penghematan bahan bakar rata-rata sekitar 1 liter/ 100 km menurut siklus gabungan WLTP. Pada kecepatan yang lebih tinggi (hingga 145 kpj), mesin pembakaran berhenti saat pengemudi melepaskan pedal akselerator pada kecepatan tetap dan saat melambat.

Baca Juga: Ini Fungsi Kamera 180 Derajat Pada Peugeot 2008

Saat pengemudi pada kecepatan rendah, mesin elektrik memberikan torsi tambahan dengan dorongan satu kali yang mengkompensasi waktu respons turbocharger.

Ini akan menghindari penurunan gigi dan memberikan kenyamanan dan dinamisme berkendara yang lebih baik. Dan saat pengemudi menginjak pedal gas secara penuh, mesin listrik memberikan tambahan tenaga sekitar 12 dk.