POPULAR STORIES

Begini Cara Membersihkan Serbuk Putih Di Terminal Aki Mobil

Begini Cara Membersihkan Serbuk Putih di Terminal Aki Mobil Foto : Auto2000 dan Daihatsu.co.id.

KabarOto.com - Biasanya jika kita tidak memperhatikan terminal aki, maka akan ada semacam serbuk putih yang ada di kepala aki mobil merupakan jamur, itu muncul akibat terjadinya alternator overcharge menyebabkan panas berlebih pada kutub positif. Selain itu juga bisa terjadi karena longgarnya penjepit kutub positif, dan negatif dari aki, atau bisa juga dikarenakan volume air aki melebihi batas upper level.

Untuk membersihkan serbuk putih tersebut sebenarnya cukup mudah, dan tidak menguras banyak tenaga, dan dapat dilakukan di rumah.

Pertama, menyiapkan beberapa alat dan bahan seperti air panas dengan suhu minimal 70 derajat Celcius. Air ini berguna untuk mempermudah menghilangkan serbuk putih, tetapi Anda harus memperhatikan lagi, karena bahan tatakan aki biasanya terbuat dari plastik.

Baca Juga : Mobil Listrik Masih Pakai Aki, Ternyata Ini Jawabannya

Selanjutnya, Anda harus menyiapkan sikat gigi sebagai alat untuk membersihkan kerak jamur. Anda juga harus menyiapkan kunci pas, atau kunci ring ataupun kunci 10 guna melepas terminal aki.

Siapkan juga grease atau gemuk sebagai bahan pelumas untuk mempermudah pemasangan terminal aki mobil dan pelepasannya. Terakhir siapkan kain kering dan bersih, untuk mengelap cairan yang menetes.

Baca Juga : Cara Merawat Aki Mobil Agar Awet

Setelah menyiapkan bahan dan alat, Sobat KabarOto bisa melepas aki pada mobil secara perlahan. Setelah aki terlepas, siram terminal yang ada serbuk putih gunakan air panas secara hati-hati, dan sikat pakai sikat gigi perlahan hingga sela-sela kecil hingga serbuk putih bersih.

Foto : Suzuki Indonesia.

Setelah bersih, keringkan pakai lap kering, lalu Sobat bisa memberikan sedikit grease di bagian terminal aki agar tidak mudah timbul serbuk putih lagi. Lalu kalian dapat memasang kembali aki seperti semula, dan lakukan tes menyala.