POPULAR STORIES

Cara Merawat Aki Mobil Agar Awet

Cara Merawat Aki Mobil Agar Awet Aki mobil perlu dirawat keberadaannya (Foto: KabarOto)

KabarOto.com - Aki merupakan salah satu komponen di mobil yang sangat penting. Seluruh perangkat listrik dijalankan oleh komponen ini. Namun kadang, bagian ini sering luput dari perhatian. Lalu bagaimana cara merawat aki mobil agar awet?

Sapto Saputro, mekanik bengkel Afi Motor mengatakan, pemilik harus rajin memanaskan mobil. Meski tak digunakan, memanaskan mobil menjadi hal wajib, agar kondisi aki tetap terjaga.

Baca Juga: Tinggal Mobil Saat Nataru? Tidak Usah Copot Aki Sob!

Aki Mobil (Foto: KabarOto)

"Dua hari sekali minimal panasin mesin, supaya komponen aki tetap berfungsi normal (untuk) menghindari masalah, seperti tidak mau nyala," tambahnya. Di sisi lain, Auto2000 menambahkan, Kondisi aki juga harus diperhatikan, agar selalu dengan klemnya.

Ini agar tidak terjadi konsleting. Selain itu, juga melakukan pengecekkan khusus di bagian yang berpotensi korosi. Menjaga aki tetap awet, bisa dilakukan dengan memastikan seluruh perangkat elektronik mati sebelum meninggalkan mobil dalam waktu lama.

Baca Juga: Mobil Listrik Masih Pakai Aki, Ternyata Ini Jawabannya

Seperti lampu kabin yang biasanya lupa dimatikan setelah memeriksa barang bawaan. "Jangan lupa matikan lampu sebelum meninggalkan mobil. Karena itubisa menghilangkan daya secara cepat," tambah Sapto lagi.