POPULAR STORIES

Mobil Ditinggal Liburan, Perlu Copot Aki?

Mobil Ditinggal Liburan, Perlu Copot Aki? Foto : KabarOto.

KabarOto.com - Libur akhir tahun sebentar lagi tiba, persiapan pun dilakukan untuk menikmati liburan bersama keluarga, atau orang terkasih. Namun jika tidak menggunakan mobil pribadi, apa perlu aki mobil dicopot agar aman? Begini penjelasannya.

Sering kali kita temukan juga pemilik mobil mencopot aki mereka saat mobil mau ditinggal lama. Tujuannya sederhana, supaya aki tidak tekor atau soak ketika mobil ingin digunakan kembali. Tapi pertanyaannya apakah perlu?

Baca Juga : Jangan Ganti Oli Viskositas Terlalu Kental Untuk Mobil, Ini Akibatnya

Menurut Hardy selaku punggawa Top Setup Kustom, jika liburannya tidak lama, tidak perlu aki dicopot. Sebab aki yang sehat menurutnya, ditinggal hingga 2 minggu pun tetap aman.

"Jika aki sehat dengan tidak ada kebocoran listrik dan sebagainya, ditinggal sekitar dua minggu pun masih aman saja, tidak perlu dicopot segala jika mobilnya benar-benar standar, tanpa pasang aksesori apapun,” jelas Hardy.

Baca Juga : Sebelum Mobil Digunakan Liburan, Jangan Lupa Cek Cairan Rem

Dijelaskan juga oleh kalau yang membuat aki soak atau lemah itu pemasangan aksesori tambahan, misalnya alarm atau lampu variasi. Kalau memang mobil anda menggunakan aksesori semacam itu, maka baiknya terminal dicopot, supaya aki lebih awet.