POPULAR STORIES

Begini Cara Mengerem Saat Naik Motor Agar Maksimal

Begini Cara Mengerem Saat Naik Motor agar Maksimal Pengereman menggunakan motor matik (Foto: Wahana Honda)

KabarOto.com - Rem, merupakan komponen yang sangat penting pada sepeda motor. Fungsinya untuk mengurangi dan menghentikan laju kendaraan. Namun, banyak pengendara sepeda motor menganggap, penggunaan rem itu mudah, tidak didukung dengan teknik pengereman yang baik dan benar.

Promotion Department Head PT Daya Adicipta Motora, Demmy Firmansyah menjelaskan, pengereman yang baik akan sangat berpengaruh terhadap jarak pengereman, sehingga akan meminimalisir terjadinya kecelakaan.

Baca Juga: Pulang Mudik Lebaran, Begini Cara Mengecek Pengereman Motor

Demmy Firmansyah memberikan tips teknik pengereman yang baik dan benar.

1. Ketika menghentikan laju kendaraan kurangi kecepatan sepeda motor dengan cara menutup putaran gas. Fungsinya agar tidak terjadi pengereman dan gas secara bersamaan, yang dapat menyebabkan tergelincir roda depan. Karena ketika pengereman terjadi sementara putaran mesin masih tinggi, maka proses deselerasi tidak berlangsung secara optimal.

2. Gunakan teknik pengereman dengan menggunakan kedua rem depan dan belakang secara bersamaan. Hal ini membuat pengereman lebih optimal dan memastikan laju motor menjadi lebih stabil.

Pengereman motor sport (Foto: DAM)

Apabila menggunakan tipe sport, dapat menarik tuas rem depan dan menginjak rem belakang secara bersamaan. Sedangkan untuk motor tipe matik dapat menarik tuas rem depan dan belakang secara bersamaan.

3. Semakin jauh jarak pengereman yang diantisipasi semakin banyak ruang untuk berhenti dengan aman dan nyaman. Jarak pengereman sangat penting untuk mengontrol koordinasi antara gas dan pengereman.

Bagi pengguna motor sport, kordinasi gas dan pengereman dapat dibantu dengan engine brake dari mesin motor dengan tidak menarik tuas kopling terlalu cepat.

4. Pengereman yang dilakukan harus menggunakan empat jari. Menggunakan empat jari, dapat memaksimalkan proses pengereman, selain itu penggunaan rem depan dan belakang harus digunakan untuk menjaga keseimbangan dalam melakukan pengereman.

Baca juga: Jangan Tertipu Harga Murah, Begini Cara Memilih Kampas Rem Motor Berkualitas

Demmy Firmansyah menyatakan, cengkraman empat jari akan lebih kuat di banding dengan menggunakan dua jari saja. Ketika berkendara, biasakan tangan kita untuk selalu mengepal bada handle stang kemudi saja, hal tersebut akan membuat kita menjadi lebih nyaman dalam berendara dan memudahkan kita untuk mengontrol laju kendaraan, dan akan selalu cari aman kemanapun kita berpergian.

5. Biasakan berlatih menggunakan teknik yang benar.

6. Pastikan perangkat rem pada sepeda motor bekerja dengan baik. Pengendara juga dapat melakukan pengecekan di bengkel resmi atau AHASS untuk memastikan sistem pengereman sepeda motor dapat bekerja secara normal.