POPULAR STORIES

Begini Langkah Jumper Aki Mobil

Begini Langkah Jumper Aki Mobil Sumber Gambar : Getty Image

KabarOto.com – Terkadang disaat mobil kita mogok di jalan atau di rumah, cara paling efektif adalah melakukan jumper aki dari mobil lain. Hal tersebut berguna untuk menyalakan mobil sementara waktu dan digunakan jalan sampai menemukan toko aki atau bengkel terdekat.

Tapi jangan salah, walau terlihat mudah hanya menjepit kabel ke kabel, nyatanya ada urutannya loh. Begini penjelasannya sob.

Pertama, pastikan mobil yang akan jadi donor menyala dengan baik. Lalu urutannya begini, “Pertama gunakan kabel jumper dari kutub positif mobil mogok, ke kutub positif mobil donor. Setelah itu, sambungkan kutub negatif dari mobil donor ke mobil kutub negatif mobil mogok,” jelas Dede Surya Fandy selaku pemilik gerai Garage Autoshop.

Baca Juga : Ingin Memperbesar Kapasitas Aki Mobil? Ini Penjelasannya

Nah disini terkadang orang berpendapat bahwa urutan terakhir yakni kabel jumper negatif ke mobil mogok harusnya pasang ke baut mesin. “Benar langsung ke mesin, namun ada beberapa kasus mencari dudukan penjepit negatif di mesin itu sulit, karena bahannya plastik atau tertutup cover. Paling simpel ya langsug ke negatif,” ujarnya.

Setelah semua terhubung dengan benar, starter mobil donor dan sedikit tambahkan gas pada 1.000 rpm. Lalu coba starter mobil mogok hingga menyala.

Baca Juga : Begini Cara Merawat Aki Di Rumah Supaya Awet, Mudah Kok

Kalau mobil mogok sudah menyala, “Bisa lepaskan kabel jumper dengan urutan sebaliknya. Yakni lepas kabel negatif dari mobil mogok dahulu lalu ke mobil donor. Serta lepas kabel positif dari mobil donor ke mobil mogok,” tutupnya.

Bagaimana sob, ternyata mudah bukan? Jadi jangan salah ya urutannya.