POPULAR STORIES

Lakukan Ini Agar Electric Power Steering Awet

Lakukan Ini Agar Electric Power Steering Awet Foto : KabarOto.

KabarOto.com - Mobil baru pada masa sekarang telah menggunakan EPS (Electronic Power Steering). EPS mengandalkan motor listrik demi meringankan beban tangan, sehingga mudah saat memutar setir.

Selain membuat putaran kemudi lebih ringan dan nyaman, EPS juga membuat mesin lebih efisien karena tidak terbebani sehingga irit bensin.

"Meski begitu, ada beberapa hal yang wajib diperhatikan supaya EPS tetap awet dan tidak bermasalah," jelas Nur Imansyah Tara, Aftersales Business Division Head Auto2000.

Ada beberapa tips yang bisa dilakukan sendiri untuk Sobat KabarOto.

1. Jangan Libas Jalan Rusak dengan Kecepatan Tinggi

Sebisa mungkin hindari menerjang jalan rusak dengan kecepatan tinggi. Karena bisa merusak banyak komponen, di antaranya adalah poros dan boot rack steer yang berada di kolong mobil, dan sebab komponen itu berhubungan dengan mekanisme EPS.

Baca Juga : Begini Keuntungan Gunakan Pelek Lebih Lebar

2. Hindari Melewati Jalan Banjir

Motor listrik EPS memang berada di tempat berbeda-beda setiap mobil. Namun ada yang menempatkan di bagian bawah mobil, oleh karenanya hindari mobil terendam banjir, sebab motor listrik bisa rusak dan harus diganti.

3. Perhatikan Kondisi Karet Boot Rack Steer

Pastikan karet rack steer (rumah setir) tidak robek karena bisa menjadi pintu masuk kotoran dan air. Kalau kondisinya sudah ada retakan, sebaiknya dilakukan penggantian. Jika dibiarkan, dapat membuat rumah kemudi cepat rusak akibat air, debu dan kotoran masuk ke rumah setir, dan mengakibatkan poros kemudi berkarat.

Baca Juga : Begini Pengecekan Kaki-kaki Mobil Yang Umum Dialami Sobat Pasca Mudik

4. Perhatikan Sistem Kelistrikan dan Aki Mobil

Sumber tenaga utama dari EPS adalah listrik mobil yang aktif sepanjang mesin mobil dinyalakan. Jika aki kurang daya maka pengendalian kemudi akan terasa berat karena EPS akan mengalami malfungsi. Kalau dibiarkan, akan merusak komponen EPS yang membutuhkan daya listrik stabil dan kuat. Termasuk pula memperhatikan kondisi alternator sebagai penyuplai utama tenaga listrik ketika mesin dinyalakan.

5. Pastikan Tidak Memutar Setir Hingga Mentok

Usahakan untuk tidak melakukan manuver yang membuat putaran kemudi sampai mentok dengan keras ke arah kanan atau kiri. Meskipun sepele, kinerja power steering menjadi lebih berat sehingga usia pakainya menurun. Hindari pula kebiasaan memutar kemudi pada saat mesin kendaraan mati lantaran tidak ada arus listrik pada EPS. Selain itu, parkirkan kendaraan dalam keadaan ban lurus dan jangan berbelok, kecuali saat parkir di tempat menurun atau menanjak.